Hong Kong Buka Taman Hiburan Luar Ruangan Pertama Berkonsep Physical Distancing

Kompas.com - 16/11/2020, 14:50 WIB
ilustrasi Kota Hong Kong Shutterstockilustrasi Kota Hong Kong


KOMPAS.com – Taman hiburan luar ruangan pertama yang menerapkan konsep physical distancing dibuka di Hong Kong, Selasa (10/11/2020). Pembukaan taman ini jadi salah satu usaha industri hiburan untuk kembali pulih di tengah pandemi Covid-19.

Seperti dilansir dari apnews, taman bernama The Grounds ini punya seratus area yang dirancang berjarak satu sama lain sekitar 1,5 meter.

Area tersebut berbentuk persegi yang dibatasi pagar di sekelilingnya. Di dalam area tersebut, tersedia tempat duduk untuk dua sampai empat orang dengan fasilitas cukup lengkap, termasuk kursi, meja, dan lampu.

Pengunjung bisa menikmati aneka program hiburan, termasuk penampilan langsung dan bioskop luar ruangan.

Baca juga: Kastel Terbaru Disneyland Hong Kong Jadi Persembahan untuk 14 Putri Disney

Pada Selasa (10/11/2020), para pengunjung berkumpul untuk menonton film legendaris ‘Jaws’ dari Steven Spielberg yang dirilis tahun 1975. Film ini menceritakan soal sosok hiu putih raksasa yang meneror komunitas pantai.

“Sebagian besar tahun yang panjang dan sulit ini dilewatkan dengan terkunci di dalam ruangan, jadi sangat bagus untuk bisa duduk di luar bersama beberapa temlan, minum-minum, dan menikmati film,” kata salah satu penonton bernama Beth Hackney.

Pandemi Covid-19 telah jadi waktu yang menantang untuk industri hiburan, menurut managing director The Grounds Simon Wilson.

“Kita harus benar-benar memikirkan kembali dan menghasilkan solusi yang kreatif untuk menghadapi tantangan Covid-19 ini,” kata dia.

Baca juga: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Hong Kong Setelah Lama di Rumah Aja

Selain itu, para pelaku usaha di industri ini juga harus menciptakan kembali, mengulangi, dan meremajakan acara-acara di industri ini dengan konsep yang cerdas, sehingga bisa menghasilkan hiburan yang aman untuk para penikmatnya.

Taman luar ruangan ini hanya dijadwalkan untuk beroperasi selama dua bulan saja. Taman ini memiliki protokol kesehatan, seperti registrasi secara online, deklarasi kesehatan, pengecekan suhu tubuh, wajib pemakaian masker, serta hand sanitizer di setiap titik masuk dan keluar.

“Seluruh pasar konsumen telah berkurang karena pandemi ini. Namun, itu bukan berarti semua produk konsumen terdampak,” kata business development director of China Galaxy Internationla Securitie Eugene Law.

Menurut Law, beberapa contohnya termasuk pengeluaran mewah yang telah berkurang. Namun itu tidak terjadi pada pengeluaran di bidang hiburan dan terutama makanan serta minuman.

Baca juga: Lucu, Lumba-lumba Warna Pink dan Putih Muncul di Perairan Hong Kong

Maka dari itu, bisnis seharusnya bisa kreatif dan menghasilkan konsep seperti taman luar ruangan atau staycation serta membangun strategi untuk jangka panjang.



Sumber APnews
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X