Lapangan Pasola Hoba Kalla di Sumba Barat, Bisa Lihat Indahnya Sunrise

Kompas.com - 17/11/2020, 09:09 WIB
Seorang pengunjung berfoto dengan latar matahari terbit di Lapangan Pasola Hoba Kalla, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). KOMPAS.com/DOKUMEN PRIBADI NATHAN BULANGSeorang pengunjung berfoto dengan latar matahari terbit di Lapangan Pasola Hoba Kalla, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

LAMBOYA, KOMPAS.com - Waktu menunjukkan jam 05.00 WITA. Udara pagi terasa sejuk dan segar. Sementara cahaya kuning keemasan berpendar dari balik bukit di bagian timur, pertanda matahari segera terbit.

Beberapa orang muda tampak menyiapkan peralatan kamera masing-masing untuk memotret pesona sunrise di Lapangan Pasola Hoba Kalla, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Lapangan itu berada di atas bukit, sehingga pada saat matahari sudah meninggi, terlihat jelas pemandangan eksotis areal persawahan dan nyiur melambai di bawah kaki bukit bagian timur.

Bentangan perbukitan pada bagian barat dan utara juga turut membingkai keanggunan tempat itu.

Terdapat spot foto buatan dari bahan bambu dan kayu yang ciamik di pinggir bagian selatan Lapangan Pasola Hoba Kalla.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar keindahan Mananga (muara) Kerewe di spot tersebut. Muara Kerewe adalah salah satu tempat digelarnya ritual tangkap ikan pada bulan suci budaya Marapu di Lamboya.

Selain pesona Mananga Kerewe, ada juga Samudera Hindia yang membentang luas nan biru di dekat muara tersebut.

Baca juga: Bukit Galu Watu Sumba Barat, Bisa Lihat Muara hingga Samudera Hindia

Pengelola spot foto buatan bernama Dominggus Tagu (34) mengatakan, biaya berfoto di sana adalah Rp 5.000 per orang.

Kamu juga akan merasa takjub dengan penampakan beberapa kuburan batu tua yang masih kokoh berdiri di sekitar Lapangan Pasola Hoba Kalla.

"Rasanya senang. Kita bisa melihat keindahan alam sekaligus peninggalan masa lalu berupa kuburan batu tua di tempat ini" kata seorang pengunjung bernama Nathan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X