Gunung Merapi Siaga, The Lost World Castle Tetap Buka

Kompas.com - 17/11/2020, 12:12 WIB
The Lost World Castle, Pilihan Wisata ala Luar Negeri di Yogyakarta SHUTTERSTOCK The Lost World Castle, Pilihan Wisata ala Luar Negeri di Yogyakarta

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata di sekitar Gunung Merapi, The Lost World Castle, masih dibuka untuk wisatawan.

“The Lost World masih buka seperti biasa karena (jarak) masih tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi,” kata salah seorang pengelola The Lost World Castle bernama Kotel kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Untuk langkah mitigasi, Kotel mengatakan bahwa para karyawan di sana merupakan bagian dari relawan Merapi yang sudah paham jika gunung menunjukkan tanda-tanda menuju ke status yang lebih awas.

Baca juga: The Lost World Castle, Wisatawan Bisa Selfie Berlatar Belakang Merapi

Melalui pemantauan dari lingkungan di sekitar area, serta arahan dari pemerintah setempat, pihaknya akan segera mengumumkan bahwa tempat wisata akan ditutup jika Gunung Merapi terlihat lebih aktif dari sebelumnya.

“Kita semua, warga sini, relawan dari 2006-2010. Jadi kita tahu bahayanya bagaimana. Kita juga koordinasi dengan pemerintah setempat,” ujar Kotel.

Pihaknya pun akan memberi pengertian bahwa akan menginfokan jika situasi sudah darurat. Jika status Merapi awas dan radius bahaya diperluas menjadi 7 km, maka The Lost World Castle dan wisata lain yang ada dalam radius bahaya itu akan tutup.

Baca juga: 14 Tempat Wisata di Yogyakarta Selain Kawasan Gunung Merapi

Untuk sementara waktu, bagi wisatawan yang akan berkunjung ke The Lost World Castle, Kotel hanya menganjurkan agar merepa tetap memerhatikan pengumuman yang digaungkan melalui pengeras suara.

Tidak hanya itu, mereka juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, pakai hand sanitizer, jaga jarak, dan melalui pemeriksaan suhu tubuh.

Aktivitas Gunung Merapi pengaruhi kunjungan wisatawan

Kotel menuturkan, status Gunung Merapi yang saat ini Level 3 atau dalam keadaan Siaga memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X