Gunung Merapi Siaga, Merapi Park Tetap Buka

Kompas.com - 18/11/2020, 15:06 WIB
Para pengunjung saat berfoto di landmark kincir angin Belanda KOMPAS.com / Wijaya KusumaPara pengunjung saat berfoto di landmark kincir angin Belanda

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata yang berada di sekitar Gunung Merapi yakni Taman Wisata Merapi Park tetap buka meski gunung tersebut saat ini berstatus siaga.

“Kami tetap buka karena untuk Level Siaga 3 Merapi, Zona Merah di radius lima kilometer dari puncak,” kata seorang petugas Merapi Park saat dihubungi Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Adapun, Taman Wisata Merapi Park berlokasi di Jalan Kaliurang KM 22,5, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: 3 Candi Ini Akan Tambah Kuota Kunjungan 7.000 Orang per Hari

Hal ini membuat tempat wisata tersebut berada pada radius 12 kilometer dari puncak Gunung Merapi dan masih dalam situasi yang aman.

“Masih aman. Selain itu belum ada himbauan tutup dari pemerintah setempat,” ujar petugas tersebut.

Dia juga menuturkan bahwa seluruh kegiatan wisata di sana tetap berjalan normal tanpa pembatasan kegiatan, serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada Senin (9/11/2020), melalui sebuah unggahan di Instagram @merapipark.jogja, tempat wisata tersebut juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan menutup tempat wisata.

“Taman Wisata Merapi Park tetap buka seperti biasa melayani tamu-tamu wisatawan. Untuk itu, senantiasa kami menanti kunjungannya di Merapi Park,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Langkah antisipasi bagi wisatawan

Kompas.com mencoba bertanya kepada pihak Merapi Park terkait langkah mitigasi yang telah disiapkan sebagai langkah antisipasi jika status Gunung Merapi memburuk.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X