Libur Akhir Tahun, Wisatawan di Sumatera Barat Diimbau Tak Pergi Jauh dari Kota

Kompas.com - 22/11/2020, 09:36 WIB
Ilustrasi Sumatera Barat - Tempat wisata Istano Basa Pagaruyung di Tanah Datar. SHUTTERSTOCKIlustrasi Sumatera Barat - Tempat wisata Istano Basa Pagaruyung di Tanah Datar.


KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Sumatera Barat Novrial mengimbau wisatawan untuk tak pergi ke obyek wisata yang terlalu jauh dari perkotaan.

Hal itu untuk memastikan mereka aman dan bisa mendapat penanganan terbaik saat libur panjang akhir tahun. 

Ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/11/2020), Novrial menyarankan wisatawan untuk datang ke daerah-daerah yang mudah dikontrol, seperti perkotaan dan sekitarnya.

Baca juga: Liburan ke Padang, Ini 10 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

“Kita agak ngeri juga kalau wisatawan akhir tahun itu perginya ke wilayah yang sulit dijangkau," kata dia.

Menurut Novrial, apa yang dicari wisatawan sudah ada di perkotaan, seperti Padang, Bukittinggi,  Payakumbuh, Solok, dan Sawahlunto. Jika ada apa-apa, fasilitas di perkotaan sudah lengkap.

Akan gelar festival kecil-kecilan

Untuk menarik wisatawan liburan di area perkotaan, Novrial mengaku telah mempersiapkan beberapa festival kecil-kecilan di beberapa titik Sumatera Barat.

Nantinya festival itu akan diadakan di kota-kota, seperti Padang, Bukittinggi, Sawah Lunto, dan Payakumbuh. Temanya beragam dengan tetap mengedepankan budaya lokal dan diadakan di tempat terbuka, seperti alun-alun.

Ilustrasi Sumatera Barat - Sebuah jalur di Taman Nasional Kerinci Seblat.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Sumatera Barat - Sebuah jalur di Taman Nasional Kerinci Seblat.

“Misalnya festival talempong, festival gendang, festival suling yang artinya itu ada sesuatu yang dilihat di tempat terbuka. Enggak besar-besaran pakai panggung. Misalnya ada 1-2 sanggar untuk sore sampai malam,” ujar Novrial.

Sebelumnya Dispar Sumatera Barat (Sumbar) juga sempat mengadakan beberapa festival virtual selama beberapa bulan ke belakang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X