Kompas.com - 23/11/2020, 08:08 WIB

KOMPAS.com – Swiss menawarkan beragam pilihan wisata yang menarik, salah satunya wisata alam. Pemandangan yang ditawarkan pun memiliki keunikan tersendiri pada setiap musim.

Tour Leader Jonny Ivo Kwok mengatakan, dirinya memiliki sejumlah tips yang dapat dimanfaatkan calon wisatawan sebelum berlibur ke Swiss.

Baca juga: Kisah di Balik Landmark Kota Jenewa di Swiss, Awalnya Kesalahan Teknis

“Sebelum ke Swiss, pastinya nomor satu jangan lupa persiapkan kesehatan,” kata dia dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Wisata Swiss Nikmati Alam Memesona”, Rabu (18/11/2020).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut telah Kompas.com rangkum, Minggu (22/11/2020):

1. Jaga kesehatan

Menurut Ivo, pegunungan Swiss merupakan incaran wisatawan untuk dikunjungi. Jika ingin mendaki, makin tinggi gunung tersebut, oksigen pun makin tipis.

Alhasil, kondisi tubuh yang prima dibutuhkan jika ingin menikmati keindahan alam di salah satu gunung di Swiss, seperti Jungfraujoch, Titlis, atau Glacier 3000.

“Kalau ada yang takut ketinggian, jangan ke Swiss. Yang pasti ke sana harus lihat gunung. Jalan di highway tinggi semua,” ujar Ivo.

2. Menabung dan luangkan waktu

Ivo menuturkan, wisatawan perlu memperhatikan tiga poin penting jika ingin berlibur, yakni memiliki uang, waktu, dan kesehatan yang bagus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.