6 Hal yang Harus Diketahui Saat Belajar Berkuda

Kompas.com - 23/11/2020, 09:09 WIB
Seorang anak belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKSeorang anak belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020).

MALANG, KOMPAS.com – Sepintas, menunggang kuda terlihat gampang. Namun, sebenarnya butuh pemahaman dan latihan supaya bisa menunggang kuda dengan aman dan nyaman.

Instruktur Sekolah Berkuda di Wisata Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang Said Mukhtarom mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat belajar naik kuda.

1. Berani dan tenang

Kunci utama yang harus dimiliki oleh penunggang kuda pemula adalah keberanian dan ketenangan.

Menurut Said, kuda dapat mendeteksi getaran tubuh yang menungganginya, sehingga ketika ada rasa takut, kuda akan merasakan hal yang sama.

Baca juga: Sensasi Berkuda di Sungai dan Jelajah Alam

“Saat kita sudah di atas punggung kuda, kita harus rileks. Ketika kita makin takut di atas kuda, tubuh kita itu akan ditangkap oleh sinyal kuda, maka kuda juga akan takut,” kata Said kepada Kompas.com, Sabtu (21/11/2020).

2. Belajar keseimbangan

Setelah itu, penunggang kuda pemula harus belajar keseimbangan selama berada di atas kuda.

Karena itu, belajar berkuda harus melewati lintasan yang berbelok supaya penunggangnya dapat berlatih keseimbangan.

3. Pahami tabiat kuda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X