Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tempat Wisata di Sekitar Pronosutan View Kulon Progo, Yogyakarta

Kompas.com - 23/11/2020, 14:02 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kulon Progo punya banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan. Salah satu yang akhir-akhir ini sedang hits adalah wisata Pronosutan View, wisata persawahan mirip hamparan karpet hijau yang indah.

Selain Pronosutan View, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa sekaligus kamu kunjungi setelah atau sebelum berkunjung ke Pronosutan View.

Baca juga: 6 Tips Wisata ke Pronosutan View Kulon Progo

Berikut ini beberapa tempat wisata lain di sekitar Pronosutan View. Tempat-tempat wisata ini berada di sekitar Perbukitan Menoreh yang terkenal indah.

1. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka terlerak sekitar 14 kilometer (km) dari Pronosutan View dengan waktu tempuh kurang-lebih 26 menit ke arah Barat.

Udara di Air Terjun Kembang Soka begitu sejuk. Untuk mencapai lokasinya, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 200 meter.

Air Terjun Kembang Soka di Kulon Progo, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Air Terjun Kembang Soka di Kulon Progo, Yogyakarta.

Tak lama berjalan, wisatawan akan menemukan kolam pertama yang berasal dari tuk atau pancuran Jaran. Aliran air terjun pertama ini berasal dari Sungai Mudah di area atas.

Berjalan lebih jauh melewati jembatan kayu, akan terlihat air terjun yang lebih besar yakni Air Terjun Kembang Soka. Alirannya mengalir ke sebuah kolam besar di bawah.

Sumber air kolam ini tak hanya berasal dari satu aliran air terjun, melainkan dari dua air terjun di sisi barat kolam yakni Kali Miri. Tiket masuknya yakni sekitar Rp 6.000 saja.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Letak Air Terjun Kedung Pedut tak jauh dari Air Terjun Kembang Soka, hanya sedikit ke bawah.
Keunggulan dan keunikan Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu sumber mata airnya yang berasal dari dalam bumi, seolah tak pernah habis atau mengering.

Hal ini membuat Kedung Pedut dijuluki Surga Air Kulon Progo lantaran airnya yang tak pernah habis, meski di musim kemarau.

Air Terjun Kedung Pedut di Kabupaten Kulon Progo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Pedut di Kabupaten Kulon Progo.

Ada juga banyak kolam pemandian alam yang aman digunakan anak-anak. Areanya luas dan memiliki banyak spot foto menarik, mulai dari helikopter terparkir di tepi kolam pemandian, hingga hammock.

Baca juga: Kembang Soka, Pemandian Cantik Antara Dua Air Terjun di Kulon Progo

Ada pula wahana flying fox dengan panjang lintasan 40 meter untuk pencinta adrenalin. Jam buka Air Terjun Kedung Pedut mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com