Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Thanksgiving, Sudah Ada Sejak Tahun 1600-an

Kompas.com - 23/11/2020, 22:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) melaporkan, sebanyak lebih dari satu juta orang terbang dari bandara-bandara di Amerika Serikat (AS) pada Jumat (20/11/2020).

Menurut pemberitaan Kompas.com, Senin (23/11/2020), yang mengutip Reuters, angka tersebut berasal warga AS yang hendak mudik jelang perayaan Thanksgiving.

Baca juga: KFC Jepang Gelar Ritual Chicken Thanksgiving untuk Hormati Ayam

Namun, apa itu Thanksgiving dan mengapa banyak warga AS merayakannya dengan mudik? Berikut telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber:

  • Berawal sejak 1600-an

Berdasarkan informasi dalam BBC, Thanksgiving bermula saat orang-orang Eropa melakukan perjalanan ke Amerika untuk memulai kehidupan baru.

Mengutip Britannica, Thanksgiving adalah hari libur nasional di AS dan Kanada untuk merayakan panen dan berkah lainnya yang telah didapat sepanjang tahun.

Pada 1621, sekelompok orang Eropa yang dikenal sebagai Pilgrim mengundang penduduk asli Amerika untuk bergabung bersama mereka dalam sebuah pesta.

Kala itu, para Pilgrim telah mengalami kesulitan dalam menanam cukup makanan untuk dikonsumsi pada tahun-tahun sebelumnya.

Alhasil, para penduduk asli Amerika mengajari mereka cara bercocok tanam. Oleh karena itu, mereka mengundang para penduduk tersebut ke sebuah pesta besar sebagai tanda terima kasih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com