Kompas.com - 26/11/2020, 09:52 WIB
Seorang peserta berusaha mengendalikan keseimbangan diri saat bermain dengan deburan ombak pada acara West Java Surfing Championship 2012, Pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/6/2012). TRIBUN JABARSeorang peserta berusaha mengendalikan keseimbangan diri saat bermain dengan deburan ombak pada acara West Java Surfing Championship 2012, Pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/6/2012).

KOMPAS.com – Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) atau Geopark Ciletuh memiliki sejumlah pantai yang patut dikunjungi saat berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Cimaja kalau yang minat berselancar,” kata perwakilan Badan Pengelola CPUGGp yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, dia juga merekomendasikan Pantai Palangpang yang merupakan ikon dari Geopark Ciletuh.

Baca juga: Wisatawan ke Jabar Capai 79.000 Saat Libur Panjang, Wisata Alam Jadi Favorit

Selain memiliki ombak yang indah, pantai tersebut juga wajib dikunjungi karena merupakan ikon dari Geopark Ciletuh.

Pantai Palangpang juga direkomendasikan karena di sana memiliki bukti penetapan kawasan sebagai Geopark Ciletuh, yakni tulisan “GEOPARK CILETUH”.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020:

1. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang terkenal akan gulungan ombaknya yang menjadi kesukaan para peselancar. Baik itu dalam maupun luar negeri.

Tidak heran jika Pantai Cimaja kerap dijadikan sebagai lokasi kompetisi selanjar kelar internasional, dan gencar dipromosikan sebagaid destinasi wisata bagi peselancar.

Baca juga: 251 Desa Wisata Jabar Dikembangkan Secara Bertahap, Targetnya Mendunia

Meski begitu, para peselancar pemula tidak perlu takut untuk berselancar di sana karena Pantai Cimaja memiliki komunitas selancar yang akan membantu guna menjaga keamanan para peselancar.

Saat berlibur ke sana sambil berjalan-jalan di bibir pantai, jika beruntung, mungkin kamu akan bertemu dengan atlet selancar asli Cimaja yakni Dede Suryana.

2. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang dapat dikatakan sebagai pintu masuk menuju kawasan Geopark Ciletuh lantaran tempat wisata tersebut merupakan ikon geopark tersebut.

Selama berada di sana, terdapat sejumlah kegiatan wisata yang bisa dinikmati sembari melihat indahnya pemandangan yang ada.

Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, kamu bisa berenang karena lebih mudah untuk menikmati air laut yang bersih.

Baca juga: Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

Kendati ombak terbilang cukup kecil dan arus air tidak terlalu ganas, ada baiknya anak-anak tetap berenang di tepi pantai dan selalu diawasi.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi lautan Pantai Palangpang, di sana juga tersedia fasilitas banana boat untuk dimanfaatkan.

Sementara untuk wisatawan yang gemar berkemah, area pinggir pantai juga bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda dan melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Tidak jauh dari Pantai Palangpang adalah Curug Cimarinjung yang letaknya hanya sekitar 2 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X