Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Panggilan Baku untuk Tamu Hotel?

Kompas.com - 26/11/2020, 14:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ketika kamu berkunjung ke hotel, biasanya para pegawai akan memanggil tamu-tamunya dengan panggilan yang dianggap terhormat.

Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, sebenarnya tak pernah ada aturan baku terkait panggilan yang harus digunakan pegawai untuk menyapa para tamu.

“Hotel tidak mengatur itu, tapi kalau dia memanggil orang harus dalam tata krama itu harus. Enggal memanggil dengan nama langsung,” kata Maulana ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Tren Pemesanan Hotel dalam 3 Bulan Terakhir, Booking Dadakan

Apa pun panggilan yang digunakan haruslah panggilan yang dianggap sopan dan sesuai etika. Salah satu panggilan yang sering digunakan para pegawai hotel untuk menyapa tamu adalah Bapak/Ibu.

Bapak/Ibu dianggap salah satu panggilan yang terhormat dan bisa digunakan untuk segala usia.

Namun tak jarang ada pula hotel yang menggunakan panggilan lain, menyesuaikan dengan usia para tamunya.

“Bisa Bapak/Ibu, kalau memang dia (pegawai hotel) memahami bahwa tamunya ini muda maka dipanggil Kakak atau Abang juga boleh," kata Maulana.

"Tapi enggak wajib, itu hanya pilihan. Anak yang lebih kecil dari dia saja pasti dipanggil Mas, atau tergantung daerah bisa juga dipanggil Abang,” lanjutnya.

Ilustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan.Dok. Puskompublik Kemenparekraf Ilustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan.

Menurutnya tidak ada yang salah dengan kata sapaan Bapak/Ibu, Kakak/Abang, Mas/Mbak, dan sebagainya.

“Karena enggak diatur. Enggak ada aturannya bahwa seorang pegawai hotel itu harus bisa menilai tamu masih muda lalu dipanggil Kakak atau Abang,” sambung dia.

Baca juga: Apa yang Paling Dicari Wisatawan Saat Menginap di Hotel Selama Pandemi?

Jika tamu tak suka dengan panggilan yang digunakan pegawai hotel untuk dirinya, maka tamu bisa langsung meminta pegawai hotel untuk menggantinya.

“Kalau masih remaja dan anak-anak sampaikan saja baik-baik. Bilang untuk nanti panggil Abang saja atau Mas saja. Bisa seperti itu, tinggal minta disesuaikan saja,” pungkasnya.

Sebelumnya beredar unggahan yang viral di media sosial dari seorang tamu hotel yang mengatakan bahwa dirinya tersinggung karena dipanggil Bapak/Ibu oleh pegawai hotel.

Ia tersinggung karena menilai dirinya dan sang adik masih seorang remaja dan anak-anak. Panggilan Bapak/Ibu ia nilai tidak pantas digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com