Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2020, 15:17 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Negara Jepang terkenal akan kebersihannya. Sempat viral pula beberapa foto beberapa selokan di sana kian bersih. Bahkan selokan itu dipenuhi ikan.

Namun jika kamu ingin menyaksikan selokan atau sungai jernih penuh ikan seperti itu, tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang.

Beberapa tempat di Indonesia juga memiliki selokan atau sungai jernih yang dipenuhi ikan. Berikut Kompas.com merangkum 3 sungai jernih yang penuh ikan di Indonesia:

1. Watergong Klaten, Jawa Tengah

Tempat pertama yang bisa dikunjungi untuk melihat sungai bersih penuh ikan adalah Watergong di areal persawahan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Watergong sejatinya merupakan tempat makan. Tempat ini menjadi dikenal karena fotonya yang sempat viral di media sosial, berupa sungai penuh ikan.

Ikan-ikan di sungai yang mengalir di restoran dan tempat wisata Watergong, Klaten, Jawa Tengah.dok. Watergong Ikan-ikan di sungai yang mengalir di restoran dan tempat wisata Watergong, Klaten, Jawa Tengah.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah membalas unggahan di twitter yang berisi foto sungai atau aliran air penuh ikan pada Senin (21/9/2020).

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (23/9/2020), Watergong dulunya merupakan wisata air. Namun karena kurang luas, akhirnya tempat ini menjadi rumah makan.

Baca juga: Unik, Watergong Klaten Punya Sungai Jernih Penuh Ikan Seperti di Jepang

Sementara itu, sungai dengan panjang 100 meter itu diubah menjadi kolam ikan yang berisi nila dan koi. Setiap petak memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 5 meter.

Ikan-ikan itu menjadi hidangan utama di Watergong, baik digoreng, dibakar, atau difilet. Ada pula menu pecel dan sayuran.

2. Kampung Dukuh Yogyakarta

Warga RT 69, RW 16, Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta mengubah saluran irigasi yang kotor menjadi lokasi perikanan.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (26/11/2020), saluran irigasi di sana telah terisi ribuan ikan, seperti lele, nila, koi, dan tombro.

Kampung Dukuh, YogyakartaKompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Kampung Dukuh, Yogyakarta

Adapun, sebelumnya saluran irigasi itu kotor, penuh sampah, dan mengeluarkan bau tak sedap. Kini, saluran irigasi sudah jernih dan penuh ikan seperti di Jepang, sehingga menjadi tempat wisata alternatif bagi mereka yang datang ke Yogyakarta.

Baca juga: Unik, Kampung Dukuh Yogyakarta Punya Irigasi Bersih Penuh Ikan Seperti di Jepang

Kampung Dukuh pun menjadi salah satu tujuan favorit para pesepeda. Bahkan, pernah ada klub sepeda dari Pasuruan yang berkunjung ke sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com