Ini 2 Cara Emirates Kembalikan Kepercayaan Publik di Masa Pandemi

Kompas.com - 27/11/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi proses refund tiket pesawat Shutterstock/REDPIXEL.PLIlustrasi proses refund tiket pesawat


KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Emirates punya dua cara yang diterapkan untuk mengembalikan kepercayaan publik di masa pandemi Covid-19.

Dua cara itu adalah menerapkan kebijakan efisiensi refund dan fleksibilitas booking di masa pandemi.

1. Refund yang efisien dan tepat waktu

Dalam sesi wawancara Kompas.com dengan Emirates Country Manager Indonesia Abdalla Al Zamani, Jumat (27/11/2020), ia menegaskan bahwa Emirates berkomitmen penuh untuk memberikan fasilitas refund yang efisien dan tepat waktu.

“Sebelum pandemi Covid-19, kami hanya memiliki 19 orang yang menangani refunds di Emirates. Namun ketika krisis terjadi, kami melihat banyak sekali permintaan refund,” kata dia.

Baca juga: Seberapa Besar Kasus Refund Tiket Penerbangan pada Masa Pandemi?

Melihat hal tersebut, Emirates akhirnya memutuskan untuk memberikan janji pada publik bahwa proses refunds akan selesai pada Agustus 2020. Namun, ternyata Emirates berhasil melampaui target dengan menyelesaikannya dua bulan lebih cepat pada Juni 2020.

“Selama tujuh bulan tersebut dari April hingga sekarang, Emirates berhasil memproses, memvalidasi, dan menyelesaikan 1,7 juta permintaan refund dengan total refund sebanyak 6,23 miliar dirham (sekitar Rp 23 miliar),” ujar Abdalla.

Ia melanjutkan, upaya itu memang tidak mudah. Namun, Emirates berhasil menambah sumber daya agar bisa menepati janji pada para pelanggan dan menjaga kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun.

2. Fleksibilitas dan asuransi

Selain menjaga kepercayaan publik lewat proses refund yang efisien, Emirates juga melakukan beberapa langkah lain. Salah satu langkah adalah memberikan fleksibilitas dan asuransi pada para pelanggannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X