BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Rayakan Hari Menanam Pohon Nasional, Yuk Berkunjung ke Destinasi Kebun Raya

Kompas.com - 28/11/2020, 09:03 WIB
Kebun Raya Bogor. DOK. SHUTTERSTOCKKebun Raya Bogor.
|

KOMPAS.com – Bercocok tanam di lingkungan rumah saat ini menjadi salah satu tren yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Selain mudah dilakukan, bercocok tanam juga bisa menjadi aktivitas hiburan kala harus berada di rumah selama pandemi Covid-19.

Terlebih, masyarakat Indonesia juga akan merayakan Hari Menanam Pohon Nasional (HMPI) pada 28 November. Perayaan ini pun bisa menjadi momentum besar untuk masyarakat yang ingin memperbanyak koleksi tanaman di rumah.

Pada dasarnya, ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah. Kategorinya pun terbagi atas dua jenis, yakni tanaman luar ruangan (outdoor) dan tanaman dalam ruangan (indoor).

Baca juga: Biar Aktivitas Traveling Enggak Monoton, Coba 4 Kegiatan Sport Ini

Untuk tanaman luar ruangan, tumbuhan aglaonema, paku tanduk rusa, pohon cemara, dan pohon tabebuya bisa menjadi pilihan. Sementara, untuk tanaman dalam ruangan, Anda bisa menanam tumbuhan sansevieria, philodendron, monstera, dan calathea.

Selain tumbuhan-tumbuhan yang telah disebutkan, masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa Anda pilih untuk bercocok tanam. Bila bingung menentukan tanaman jenis apa yang ingin ditanam, mungkin Anda bisa mengunjungi destinasi kebun raya yang ada #DiIndonesiaAja untuk mencari inspirasi.

Berikut adalah destinasi kebun raya yang bisa Anda kunjungi.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya yang paling populer di wilayah Jabodetabek. Warga sekitar pun banyak yang menjadikan destinasi ini untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Anda akan disuguhkan berbagai jenis pepohonan khas Nusantara dan dunia. Koleksinya meliputi 400 jenis pohon palem, 5.000 jenis pepohonan tropis dari berbagai negara, 3.000 jenis anggrek, dan ribuan jenis tanaman lainnya.

Selain bersantai dan menikmati suasana sejuk perkebunan, Anda juga bisa mengikuti aktivitas kelas berkebun yang dilaksanakan setiap minggunya.

Kebun Raya Cibodas.DOK. SHUTTERSTOCK/FREDY ALBERT Kebun Raya Cibodas.

2. Kebun Raya Cibodas

Terletak di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Kebun Raya Cibodas juga bisa menjadi pilihan destinasi yang bisa Anda kunjungi untuk mencari inspirasi. Salah satu keunggulan dari Kebun Raya Cibodas adalah topografi lahannya yang berbukit-bukit dan koleksi tanaman yang beragam.

Di destinasi ini, Anda bisa mengunjungi beberapa taman yang spesial menghadirkan tanaman-tanaman tertentu, seperti Taman Sakura yang ditumbuhi pohon sakura dan Taman Lumut yang banyak menyediakan berbagai jenis lumut.

Selain itu, masih ada destinasi lainnya yang bisa dikunjungi, seperti Taman Paku-pakuan, Taman Liana, Koleksi Bunga Bangkai, Curug Cibogo, dan Curug Ciismun.

Baca juga: Dari Glamping sampai Bermain di Theme Park, Ini 5 Destinasi Wisata Keluarga Terbaik di Indonesia

3. Kebun Raya Purwodadi

Saat Anda berada di kawasan Jawa Timur, Anda harus berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan. Dengan luas 85 hektare, kebun raya ini memiliki koleksi 2.000 jenis tumbuhan dari 11.000 spesies yang ada.

Salah satu keunggulan lainnya dari kebun raya ini adalah lokasinya yang berada di atas pegunungan. Jadi, udara segar nan sejuk bisa dinikmati semua wisatawan yang berkunjung.

Selain menikmati ragam jenis tumbuhan yang tersedia di sana, tampaknya Anda juga harus mencoba kuliner khas Purwodadi selagi berkunjung. Kuliner garang asem, sayur pencok, dan mi tek-tek bisa menjadi pilihan untuk disantap.

Kebun Raya Bali.DOK. SHUTTERSTOCK Kebun Raya Bali.

4. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Bali merupakan salah satu destinasi favorit di Indonesia. Jika berkunjung ke Bali, jangan lewatkan Kebun Raya Eka Karya yang berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Perlu diketahui, kebun raya ini juga kerap disebut Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bedugul.

Dengan luas 157,5 hektare, kebun raya ini memiliki ratusan koleksi jenis pohon dan berbagai jenis kaktus. Beberapa di antaranya adalah koleksi 293 jenis anggrek, 80 jenis tumbuhan paku, 94 jenis koleksi begonia, 2.000 spesies kaktus, dan berbagai jenis tanaman yang biasa digunakan untuk upacara umat Hindu.

Baca juga: Harus Tahu, Serba-serbi Motif Batik Daerah di Indonesia

5. Kebun Raya Samosir, Sumatera Utara

Satu lagi kebun raya yang tidak bisa Anda lewatkan adalah Kebun Raya Samosir yang terletak di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Saat berkunjung ke destinasi ini, Anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan di atas kaldera terbesar di dunia, Danau Toba. Untuk koleksi tumbuhan, kebun raya dengan luas sekitar 100 hektare ini menyimpan berbagai jenis pinus endemik, tumbuhan obat, pewarna alam, penghasil buah dan kayu, serta tanaman hias pegunungan khas daerah sekitar.

Kebun Raya Samosir.DOK. KEBUN RAYA SAMOSIR Kebun Raya Samosir.

Itulah lima kebun raya yang bisa Anda kunjungi untuk mencari inspirasi tanaman apa yang mungkin bisa Anda tanam dalam menyambut Hari Menanam Pohon Nasional.

Anda bisa pula mengklik tautan ini untuk mendapatkan informasi destinasi agrowisata menarik lainnya di seluruh Indonesia.

Saat berkunjung ke destinasi-destinasi tersebut, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan cleanliness, healthy, safety, dan environment sustainability ( CHSE). Caranya, dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman saat nanti berwisata #DiIndonesiaAja. Selamat Hari Menanam Pohon Nasional dan ayo semangat hijaukan bumi!


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya