Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Protokol Kesehatan Emirates agar Penumpang Aman di Masa Pandemi

Kompas.com - 28/11/2020, 19:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Emirates Country Manager Indonesia Abdalla Al Zamani mengatakan bahwa maskapai Emirates berkomitmen menerapkan protokol yang komprehensif untuk menjaga kesehatan dan keamanan kru serta konsumen mereka.

“Kami bekerja sama dengan otoritas internasional dan lokal, serta menuruti rekomendasi dan aturan mereka (terkait protokol kesehatan),” kata Abdalla dalam sesi wawancara bersama Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Ini 2 Cara Emirates Kembalikan Kepercayaan Publik di Masa Pandemi

Salah satunya adalah pemberian perlengkapan kebersihan pada setiap konsumen ketika mereka melakukan proses check-in. Paket tersebut terdiri dari masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan tisu anti-bakteri.

Pihak Emirates juga menjamin terjaganya aturan physical distancing antarpenumpang dan kru saat proses check-in.

“Pembatas di konter check-in dan hal yang sama saat proses imigrasi dan area transfer,” tutur Abdalla.

Protokol kesehatan di dalam pesawat

Pesawat-pesawat Emirates juga melalui pembersihan secara mendalam serta pemberian disinfektan sebelum keberangkatan di Bandara Dubai.

Di dalam pesawat pun telah dilakukan perubahan cukup besar. Emirates mengubah penawaran dalam pesawat yang biasa mereka berikan.

Awak kabisn Emirates gunakan alat pelindung diri saat bertugas di pesawatDok. Emirates Awak kabisn Emirates gunakan alat pelindung diri saat bertugas di pesawat

Kini tak ada lagi layanan yang dicetak seperti majalah atau imbauan penerbangan dalam bentuk cetak. Hal itu dilakukan untuk mengurangi risiko sentuhan antarpenumpang lewat material cetak tersebut.

“Barang-barang untuk kenyamanan, seperti bantal, matras, dan headphone telah dibersihkan secara mendalam,” ujar Abdalla.

Semua penumpang pun wajib memakai masker selama di dalam pesawat. Para kabin kru Emirates juga selalu menggunakan alat pelindung diri selama penerbangan.

Baca juga: Emirates Luncurkan Jalur Biometrik untuk Penumpang, Apa Itu?

Tak itu saja, untuk meyakinkan konsumen bahwa pesawat benar-benar aman, udara di dalam pesawat akan diganti setiap 2-3 menit agar tetap bersih.

Semua pesawat Emirates, imbuh Abdalla, juga telah dilengkapi dengan HEPA Filter. Menurut dia, fasilitas tersebut sudah terbukti bisa menghilangkan sekitar 99,97 persen virus dan bakteri.

Tes Covid-19 untuk kru kabin

Untuk membuat pelanggan lebih yakin dengan keamanan terbang bersama Emirates, para kru kabin wajib melakukan tes PCR secara rutin untuk memastikan kesehatan mereka.

Selain tes PCR reguler untuk kru kabin, para konsumen Emirates juga wajib melakukan tes PCR sekitar 72 atau 96 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Pesawat Emirates A380 Kembali Mengudara ke Yordania

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com