Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Bebas Karantina Italia-Amerika Serikat Segera Diluncurkan

Kompas.com - 28/11/2020, 20:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Delta Airlines mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan program transatlantic yang menghapuskan syarat karantina untuk beberapa penerbangan spesifik yang sudah dites antara Italia-Amerika Serikat.

Dilansir dari Lonely Planet, program percobaan ini akan dilaksanakan Sabtu(19/12/2020). Rute yang tersedia adalah penerbangan yang baru diluncurkan kembali antara Bandara Internasional Harsfield-Jackson Atlanta dan Bandara Internasional Rome-Fiumicino.

Baca juga: Maskapai Ini Larang 550 Penumpang Naik Pesawat Mereka, Kenapa?

Percobaan ini akan terlibat para kru dan penumpang, termasuk warga negara Amerika Serikat yang mendapat izin pergi ke Italia untuk urusan tertentu, seperti bekerja, kesehatan dan pendidikan, juga Uni Eropa dan warga negara Italia.

Delta telah bekerja sama dengan penasihat ahli dari Mayo Clinic selaku pemimpin global dalam perawatan kesehatan yang serius dan kompleks.

Mereka akan meninjau dan menilai protokol pengujian pelanggan yang diperlukan untuk melaksanakan program penerbangan ini.

Untuk bisa terbang dalam penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan tes Covid-19 yang menunjukkan hasil negatif lewat tes PCR yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan.

Ilustrasi pesawat, penerbanganrebelcircus.com Ilustrasi pesawat, penerbangan

Selain tes 72 jam sebelum keberangkatan, calon penumpang juga harus melakukan tes rapid yang disediakan di Bandara Atlanta sebelum boarding, juga rapid tes lagi saat kedatangan di Roma.

Warga negara yang akan kembali ke Amerika Serikat harus melakukan rapid test di Bandara Rome-Fiumicino sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat yang saat ini belum mengizinkan kedatangan warga negara asing datang dari wilayah Uni Eropa.

Baca juga: Inggris Ubah Karantina Jadi 5 Hari untuk Turis Asing, Ini Syaratnya

Calon penumpang juga harus memberikan informasi sebelum masuk ke Amerika Serikat berdasarkan protokol contact-tracing yang ditetapkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Delta juga berencana untuk terus menutup kursi bagian tengah di kabin pesawat untuk menjaga jaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com