Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pesan Tiket Bus, Jangan Dadakan

Kompas.com - 29/11/2020, 15:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comLibur panjang akhir tahun 2020 mungkin menjadi incaran sebagian besar masyarakat Indonesia untuk jalan-jalan dengan keluarga, sanak saudara, atau teman-teman.

Berbagai pilihan transportasi yang ada pun pasti dimanfaatkan, salah satunya transportasi umum seperti bus.

“Bisa hubungi nomor pengurus untuk dibantu pemesanan bangku. Jadi enggak perlu khawatir masalah bangku (habis), pasti setiap pengurus tanggung jawab,” kata Wakil Pengurus Mila Sejahtera untuk kepengurusan di Surakarta bernama Amos, kepada Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Catat, Jadwal Terbaru Penerbangan Domestik AirAsia Desember 2020

Selanjutnya, dia menyarankan agar calon penumpang bus tidak memesan tiket secara dadakan, melainkan sehari sebelum jadwal keberangkatan pada hari biasa.

Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku jika jadwal keberangkatan yang dipilih oleh penumpang bertepatan pada libur panjang seperti Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Saya sarankan minimal dua hari sebelum pemberangkatan,” tutur Amos.

Ilustrasi bus - Bus Mila.dok. Instagram @akasmilasejahtera_official Ilustrasi bus - Bus Mila.

Jika ingin mendapatkan salah satu kursi yang berada di deretan paling depan, masyarakat bisa melakukan pemesanan tiga hari sebelum jadwal keberangkatan.

Sejauh ini, menurut Amos, ada juga penumpang yang melakukan pemesanan tiket bus dari beberapa minggu atau sebulan sebelum keberangkatan.

Baca juga: Suwatu by Mil&Bay, Nuansa Bali dengan Pemandangan Candi Prambanan

“Biasanya dari penumpang jauh-jauh, Jakarta atau dari Sumatera. Tapi jarang sih, lebih sering yang pemesanan sehari sebelum keberangkatan,” pungkasnya.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat naik bus tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com