Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi, Perayaan Tahun Baru 2021 di Mataram Ditiadakan

Kompas.com - 30/11/2020, 22:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, meniadakan perayaan malam Tahun Baru 2021, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di daerah itu.

"Untuk perayaan malam Tahun Baru 2021, kita tidak ada membuat rencana kegiatan seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Senin (30/11/2020), seperti dikutip dari Antara

Baca juga: Wisata Kota Mataram Dibuka, Dilarang Main Layangan di Pantai

Kebijakan peniadaan perayaan malam tahun baru dengan menyalakan kembang api serta memberikan hiburan rakyat di Lapangan Sangkareang, sebagai implementasi instruksi pemerintah untuk menghindari terjadinya kerumunan orang yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Terkait dengan itu, Denny, mengimbau masyarakat agar merayakan malam Tahun Baru 2021 di rumah masing-masing dengan keluarga.

"Kalau sekadar merayakan bersama keluarga dengan kumpul-kumpul atau kegiatan positif lainnya di rumah, silakan saja," katanya.

Baca juga: Wisata Lombok, Wajib Mampir ke 4 Rumah Makan Terkenal di Kota Mataram

Sementara sebagai upaya antisipasi kerumunan di objek wisata, karena biasanya masyarakat merayakan tahun baru dengan mendatangi sejumlah destinasi wisata, terutama wisata pantai, akan dilakukan pengawasan, termasuk untuk protokol kesehatan COVID-19.

"Kami akan melakukan pengawasan lebih ketat lagi di tempat wisata, dan untuk hal ini akan kita koodinasikan dengan jajaran TNI/Polri," katanya.

Denny memprediksi, tempat wisata pantai akan ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu (2-3/1-2021) sebab tanggal 1 Januari 2021 jatuh pada hari Jumat, sehingga kemungkinan masyarakat enggan keluar rumah.

"Tapi pengawasan tetap kita lakukan, dan mengoptimalkan pada hari Sabtu dan Minggu," katanya.

Baca juga: Mengenal 3 Situs Peninggalan Keraton Mataram Islam di Yogyakarta

Beberapa wisata pantai di Kota Mataram yang ramai dikunjungi saat libur, antara lain Pantai Ampenan, Pantai Loang Baloq, Mapak dan Pantai Gading.

Saat ini, pengawasan di objek wisata itu sudah mulai longgar dan tidak lagi disiagakan petugas dari TNI/Polri, akan tetapi petugas dari TNI/Polri melakukan pengawasan dengan sistem patroli.

"Sementara pengawasan terkait protokol kesehatan Covid-19 terhadap para pengunjung dilakukan oleh petugas di masing-masing destinasi wisata," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com