Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Homestay di Gunung Api Purba Nglanggeran Buka Jelang Tahun Baru

Kompas.com - 01/12/2020, 09:01 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Menyambut akhir tahun 2020, pengelola kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, akan kembali membuka 8 homestay yang siap menerima tamu di masa pandemi.

Selain itu, lokasi berkemah sudah bisa digunakan pengunjung untuk menyambut malam pergantian tahun.

Bidang Pemasaran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto menyampaikan bahwa di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, ada sekitar 80 home stay yang selama ini digunakan untuk menginap wisatawan.

"Sementara yang siap baru 8 rumah, yang akan dibuka pada bulan Desember 2020 nanti sekalian menyambut libur akhir tahun," kata dia saat ditemui kompas.com di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Kini, Ada Armada DAMRI ke Pantai Baron dan Gunung Api Purba Nglanggeran

Pihaknya saat ini sudah mempersiapkan berbagai hal untuk pembukaan, seperti cara pemilik homestay menyambut tamu, penyediaan tempat cuci tangan, hingga kamar harus bersih.

Adapun, lokasi home stay berada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Menurut dia, paling jauh berada di sekitar 500 meter dari Gunung Api Purba.

Bisa berkemah

Untuk pengunjung yang tidak kebagian homestay, ada lokasi berkemah di kawasan puncak. Untuk masa pandemi saat ini, lokasi kemah memang buka pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Untuk malam akhir tahun, akan dibuka lokasi berkemah. Namun, pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan, salah satunya satu tenda hanya untuk satu orang.

Jika tak punya tenda atau malas membawanya dari rumah, pengelola menyediakan persewaan tenda. Ada sekitar 11 tenda yang bisa disewa pengunjung. Lokasi kemah dapat menampung sekitar 200 tenda.

Heru mengaku bahwa di masa Pandemi ini, jumlah pengunjung Gunung Api Purba Nglanggeran makin banyak. Jumlahnya 50 persen lebih banyak daripada saat awal pembukaan saat masa pandemi.

Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

Dari data pengelola tahun 2020 sampai bulan November, pengunjung Gunung Api Purba mencapai 18.317 orang dan untuk Embung Nglanggeran mencapai 33.079 orang.

"Bulan ini (November), pengunjung Gunung Api Purba mencapai 1.771 orang dan embung 3719 orang," ujar Heru.

Ia melanjutkan, kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran tutup saat Senin yang dimanfaatkan pengelola untuk membersihkan lokasi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi dan simulasi terhadap homestay yang akan dibuka Desember 2020.

Baca juga: Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Ini Aturan New Normal

Pengelola harus memperhatikan protokol kesehatan ketat baik dari fasilitas hingga pengunjung yang datang.

Untuk menyambut libur pergantian tahun, pihaknya tidak menyiapkan acara khusus seperti tahun sebelumnya, karena masih masa pandemi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com