10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Sudah Buka

Kompas.com - 01/12/2020, 14:31 WIB
Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYATugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari lima kabupaten/kota, yakni Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Masing-masing dari daerah tersebut memiliki pesonanya masing-masing dengan beragam pilihan tempat wisata yang unik satu sama lain.

Berikut ini pilihan 10 tempat wisata yang terletak di lima kabupaten/kota Yogyakarta. Ada wisata alam, swafoto, tempat piknik, hingga wisata budaya dan sejarah. Kamu bisa coba mengunjunginya saat liburan ke Yogyakarta nanti.

Kabupaten Bantul

1. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata yang satu ini sering dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat piknik. Suasananya yang sejuk dan diteduhi rindangnya pohon pinus memang sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Kamu bisa menggelar tikar di antara pohon pinus, menyantap makanan yang dibawa dari rumah sambil sesekali berswafoto dengan latar hutan pinus.

Pengunjung berwisata di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (12/8/2016). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung berwisata di Hutan Pinus Mangunan, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (12/8/2016).

Tak itu saja, pengelola juga menyediakan penyewaan hammock yang bisa kamu pakai untuk bersantai.

Selain rimbunnya pohon pinus, ada pula beberapa spot foto Instagramable seperti spot keong, gardu pandang, taman bunga, dan panggung sekolah hutan.

Baca juga: 5 Tempat Piknik di Yogyakarta, Hutan sampai di Atas Tebing

Tak hanya piknik, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain di sini, seperti berkemah, outbound, sampai offroad naik jeep wisata.

Harga tiket masuknya Rp 3.000 per orang untuk area hutan pinus, Rp 2.500 per orang untuk masuk area Panggung Sekolah Hutan, dan Rp 2.000 per orang untuk spot foto.

Terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, tempat ini buka Kamis – Selasa pukul 09.00-17.00 WIB.

2. Bukit Panguk Kediwung

Tempat wisata ini terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Seperti namanya, kamu bisa berwisata di bukit yang sejuk dan melihat pemandangan indah dari ketinggian.

Spot foto kuda terbang di Bukit Panguk, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Spot foto kuda terbang di Bukit Panguk, Bantul.

Tak hanya bukit saja, tersedia pula beberapa gardu pandang yang juga jadi spot Instagramable di sana. Cocok untuk berswafoto bersama keluarga dan sahabat.

Selain berswafoto dengan latar alam perbukitan dan hutan yang hijau, kamu juga bisa melihat matahari terbit dari atas awan.

Bukit Panguk Kediwung buka Selasa-Minggu pukul 04.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 3.000 saja dengan tarif parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 3.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X