10 Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/12/2020, 11:01 WIB
Ilustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan. Dok. Puskompublik KemenparekrafIlustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan.

KOMPAS.com – Sebagian besar masyarakat sudah mulai berani untuk liburan ke sejumlah destinasi wisata, termasuk yang jaraknya cukup jauh.

Untuk menghindari rasa lelah selama menjelajahi destinasi wisata yang dituju, penginapan pun dilirik sebagai tempat singgah sementara.

Apabila kamu masih takut untuk menginap di hotel selama pandemi Covid-19, terdapat sejumlah tips agar pengalaman menginap menjadi lebih aman.

Baca juga: Apa yang Paling Dicari Wisatawan Saat Menginap di Hotel Selama Pandemi?

“Pastikan hotel yang dipesan telah menerapkan protokol kesehatan,” kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Selain memastikan protokol kesehatan yang diterapkan, ada juga tips lain agar wisatawan bisa menginap dengan aman di hotel selama pandemi Covid-19 yang telah Kompas.com rangkum:

1. Pastikan hotel menerapkan protokol kesehatan

Hal pertama yang wajib dipastikan oleh wisatawan sebelum memesan hotel adalah apakah hotel yang akan dituju telah menerapkan protokol kesehatan.

Senada dengan Maulana, Ahli Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menyarankan agar wisatawan cari informasi lain seputar hotel yang akan dituju.

Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

“Cari tahu hotel punya pengakuan penerapan protokol kesehatan atau tidak. Biasanya ada dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau IAKMI terkait sertifikasi kebersihan dan kesehatan,” katanya kepada Kompas.com, Kamis.

Dia melanjutkan, tamu juga harus memeriksa apakah protokol kesehatan diterapkan juga dalam pembersihan berkala barang-barang, seperti kunci kamar agar tamu merasa aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X