Libur Panjang Dipangkas, Kadispar Jabar: Orang Tetap Berwisata

Kompas.com - 04/12/2020, 19:07 WIB
Pantai di Pangandaran, Jawa Barat Dok. tiket.comPantai di Pangandaran, Jawa Barat

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat (Jabar) Deddy Taufik mengatakan bahwa meski libur akhir tahun 2020 dipangkas, masyarakat tetap akan berwisata.

“Kelihatannya walau libur dipangkas, orang tetap akan manfaatkan satu hari ingin berwisata. Ini berdasarkan pengamatan dan survei. Sekarang orang tetap berwisata,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Pangandaran Zona Kuning, Ini 14 Tempat Wisata untuk Libur Akhir Tahun

Deddy melanjutkan bahwa minat pergi masyarakat masih tinggi, meski tingkat kesadaran bahwa Covid-19 masih ada terbilang cukup rendah.

Mereka juga tetap akan berwisata meski situasi saat ini berbeda dengan situasi sebelum pandemi Covid-19. Sebab, tingkat kewaspadaan setiap daerah berbeda-beda dan terus berubah.

Apabila masyarakat tetap ingin berwisata, khususnya ke Jabar, dia mengimbau agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai via Majalengka Dibuka, Ada Kuota Pendaki

“Tinggal wisatawannya yang disiplin. Misal sekarang tempat wisata sudah disiplin protokol kesehatan, tapi masyarakat tidak disiplin dan menularkan Covid-19, itu juga jadi masalah,” ujar Deddy.

Oleh karena itu, imbuh dia, harus ada keselarasan antara pelaku industri pariwisata dan pengunjung dalam menaati protokol kesehatan

Jabar masih diminati wisatawan untuk libur panjang

Deddy mengatakan bahwa minat masyarakat untuk liburan ke Jabar sangat tinggi. Selain menawarkan beragam tempat wisata, Jabar juga jalur lintasan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke daerah lain.

Berbicara tentang libur panjang, meski dipangkas pada 28-30 Desember 2020, dia mengungkapkan bahwa saat ini wisatawan terlihat masih akan meramaikan Jabar.

Ilustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X