Bandung Raya Zona Merah, Ini Destinasi Wisata Alternatifnya

Kompas.com - 05/12/2020, 09:09 WIB
Pantai Cisaar di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi yang tampak tidak terlalu ramai pengunjung saat libur akhir pekan, Sabtu (23/6/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPantai Cisaar di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi yang tampak tidak terlalu ramai pengunjung saat libur akhir pekan, Sabtu (23/6/2018).

KOMPAS.com – Dua dari empat daerah Bandung Raya, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung memasuki zona merah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat (Jabar) Deddy Taufik mengatakan bahwa daerah yang berada pada zona merah sedang melakukan PSBB Proporsional.

“Zona merah sesuai Pergub 63 aktivitasnya tidak selonggar saat adaptasi kebiasaan baru (AKB). Ada pengetatan,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Naik Bus, Kereta, atau Taksi dari Bekasi ke Bandara Soetta, Mana Paling Murah?

Deddy mengatakan bahwa wisatawan harus lebih berhati-hati dan disiplin jika ingin berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung.

Kendati demikian, dia mengimbau agar wisatawan mengunjungi kabupaten atau kota lain yang berada pada zona oranye atau kuning.

“Kita lihat tingkat waspadanya. Silahkan ke Sukabumi, pariwisatanya kita arahkan ke sana. Bisa juga Pangandaran karena zona oranye, bisa dikunjungi,” ujar Deddy.

Meski tingkat risiko Covid-19 di zona oranye dan zona kuning tidak sebanyak zona merah, Deddy menegaskan agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Baca juga: Kota Depok Gak Cuma Macet, Ini 5 Tempat Asyik Buat Santai...

Menurut informasi dalam Instagram @jabarprovgoid, Jabar memilik 19 kabupaten/kota dalam zona oranye. Sementara itu, zona kuning ada dua kabupaten/kota.

Apabila ingin melancong ke Jabar selama libur akhir tahun, berikut daftar destinasi wisata alternatif yang dapat dikunjungi yang telah Kompas.com rangkum.

Perlu dicatat bahwa daftar di bawah dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi harian Covid-19 pada setiap kabupaten/kota:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X