Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun Dikurangi, Pemkab Gunungkidul Optimis Wisatawan Tetap Ramai

Kompas.com - 06/12/2020, 19:07 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

GUNUNGKIDUL,KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Yogyakarta, mengingatkan kepada wisatawan yang akan datang pada liburan akhir tahun untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Meski waktu libur panjang dikurangi, pemkab memprediksi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul tetap banyak.

"Saya membayangkan ini akhir tahun di masa liburan sekolah, pasti mendapatkan perhatian yang luar biasa. Pasti akan membludak," kata Bupati Gunungkidul Badingah di Wonosari, Minggu (6/12/2020).

Dirinya pun tidak ingin ada klaster wisata muncul di Gunungkidul, sehingga pelaku wisata dan wisatawan harus patuh protokol kesehatan.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Ratusan Tempat Cuci Tangan Disiapkan di Tempat Wisata Gunungkidul

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, persiapan menyambut libur akhir tahun tetap dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Mulai minggu depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait kewaspadaan dan antisipasi, mengingat saat ini masih pandemi COVID-19. Apalagi potensi datangnya wisatawan pun tetap ada, meski libur panjang dikurangi.

Jalur pejalan kaki di Pantai Kukup di Gunungkidul, YogyakartaShutterstock/Ibenk_88 Jalur pejalan kaki di Pantai Kukup di Gunungkidul, Yogyakarta

"Sebisa mungkin kami pastikan liburan tetap berjalan dengan aman dan terjamin, meski ada pengurangan (liburan)," ujara Harry.

Pihaknya juga sudah menyelesaikan pembangunan lokasi cuci tangan di lebih dari 200 titik. Penguatan tersebut dilakukan dengan dana hasil refocusing anggaran. Untuk uji coba lokasi wisata di Gunungkidul sendiri, sudah dilakukan oleh sebagian besar tempat wisata.

Adapun untuk liburan akhir tahun, pihaknya tidak menyiapkan agenda khusus menyambut wisatawan dalam masa pandemi.

Baca juga: Pantai Watu Lumbung di Gunungkidul, Punya Hamparan Batu yang Eksotis

Selain itu, pihak SAR Satlinmas WIlayah II Gunungkidul juga akan melakukan patroli agar pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Patroli mengingatkan wisatawan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker," kata Koordinator SAR Satlinmas WIlayah II Gunungkidul Marjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com