Kompas.com - 07/12/2020, 10:24 WIB
Pesawat milik maskapai Virgin Atlantic. SHUTTERSTOCKPesawat milik maskapai Virgin Atlantic.

KOMPAS.com – Sebuah kartu kesehatan digital bernama CommonPass akan diluncurkan pada Desember 2020 untuk memudahkan perjalanan internasional selama pandemi Covid-19.

Melansir Lonely Planet, Kamis (3/12/2020), maskapai penerbangan besar termasuk JetBlue, Lufthansa, Swiss International Airlines, United Airlines, dan Virgin Atlantic turut serta dalam peluncuran CommonPass.

Adapun, peluncuran CommonPass dilakukan lantaran para petugas perbatasan cukup sulit mempercayai hasil lab atau catatan vaksin dari negara lain karena sejumlah tantangan.

Baca juga: Maskapai Ini Larang 550 Penumpang Naik Pesawat Mereka, Kenapa?

Beberapa di antaranya adalah banyak dari dokumen terkait sering dicetak, ditulis dengan bahasa asing, dan didapatkan dari lab yang tidak diketahui atau tidak tersertifikasi.

Ada pula tidak adanya rasa kepercayaan terhadap data kesehatan dari negara lain, juga banyak negara yang merasa bahwa mereka harus tetap mempertahankan larangan perjalanan penuh dan karantina wajib selama pandemi berlanjut.

Permudah perjalanan internasional

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CommonPass dapat memudahkan perjalanan wisatawan lebih mudah, serta memungkinkan mereka membawa sendiri hasil tes Covid-19 dalam format yang telah distandarkan dan mudah dikenali para petugas.

Selain itu, kartu kesehatan digital tersebut memungkinkan destinasi-destinasi menerapkan persyaratan pemeriksaan kesehatan yang spesifik. Misalnya adalah hasil negatif tes PCR sebelum keberangkatan.

Baca juga: Maskapai Ini Tawarkan Fasilitas Kencan dalam Program Terbang Tanpa Tujuan

Tidak hanya itu, CommonPass juga memiliki keyakinan bahwa para pelancong akan merasa puas dengan persyaratan tersebut.

Adanya CommonPass akan memungkinkan negara-negara untuk membuka kembali perbatasan mereka secara hati-hati.

Sebuah Airbus A321-200 milik maskapai penerbangan JetBlue di bandara John F Kennedy, New York.Wikipedia Sebuah Airbus A321-200 milik maskapai penerbangan JetBlue di bandara John F Kennedy, New York.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.