Kompas.com - 09/12/2020, 12:27 WIB


KOMPAS.com – Pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menutup jalur pendakian karena cuaca ekstrem hujan dan badai yang terjadi sepanjang jalur pendakian selama beberapa hari terakhir.

Menurut Humas TNGGP Poppy Oktadiyani, cuaca ekstrem tersebut terjadi sejak 5 hari terakhir atau sejak Jumat (4/12/2020).

“Penutupan belum tahu sampai tanggal berapa karena melihat situasi dan kondisi. Melihat kondisi cuaca dan lapangan,” kata dia pada Kompas.com melalui pesan singkat, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan, Ini Panduannya

Terkait para pendaki yang sudah melakukan pemesanan akses pendakian secara online, bisa melakukan reschedule atau refund dengan menghubungi call center pendakian di nomor 0263 519415 (WhatsApp Chat Only).

Reschedule dan refund berlaku selama tanggal penutupan berlangsung. Sementara penutupan jalur pendakian sendiri hingga kini belum diketahui akan sampai kapan dilakukan.

Maka dari itu Poppy mengimbau para pendaki untuk terus menunggu informasi terbaru dari media sosial TNGGP @tn_gedepangrango.

Untuk para pendaki yang sudah terlanjur naik ke Gunung Gede Pangrango selama cuaca ekstrem beberapa hari terakhir, disebut Poppy tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cianjur Zona Kuning, Ini 15 Tempat Wisata yang Cocok untuk Keluarga

Alhamdulillah, laporan yang diterima dari teman-teman lapangan aman,” imbuh dia.

Adapun, TNGGP telah mengumumkan terkait penutupan jalur pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango tersebut melalui akun media sosial mereka @tn_gedepangrango.

Terkait surat edaran untuk penutupan jalur pendakian ini, kata Poppy, masih dalam proses. Keputusan penutupan ini diambil semalam berdasarkan kondisi cuaca yang begitu ekstrem sehingga pihak TNGGP baru bisa menginformasikannya lewat media sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.