Kompas.com - 10/12/2020, 14:38 WIB
Pelabuhan Teluk Nara Lombok Utara AntaraPelabuhan Teluk Nara Lombok Utara

KOMPAS.com - Pariwisata Lombok siap kembali bergeliat. Dilansir dari Antara, Pelabuhan Teluk Nara Lombok Utara kembali dibuka setelah ditutup sementara.

Pelabuhan Teluk Nara sendiri merupakan salah satu pintu keluar-masuk wisatawan ke kawasan wisata Gili Meno, Air dan Trawangan.

"Pelabuhan ini salah satu entri poin kita menuju tiga gili (Gili Meno, Air, dan Trawangan)," kata Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Selasa (9/12/2020). 

Baca juga: 7 Serba-serbi Berwisata di Tiga Gili Lombok Utara

Najmul menambahkan, pembukaan pelabuhan ini dalam rangka memasuki fase era new normal, plus memenuhi keinginan masyarakat untuk kembali beraktivitas.

Menurut dia, dari sudut pandang kesehatan, langkah penutupan pelabuhan yang diambil pemerintah daerah melalui gugus tugas menguntungkan masyarakat, tetapi secara ekonomi memang merugikan.

"Pertumbuhan ekonomi melemah, bahkan angka kemiskinan kita sempat meningkat 0,2 persen di saat kita mengalami persoalan yang berat," kata Najmul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alhamdulillah sekarang sudah normal kembali. Bahkan kita sangat bersyukur, saat ini pertumbuhan ekonomi kita cukup membaik bahkan melebihi sebelum bencana Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Cara Murah dan Cepat Menuju Tiga Gili di Lombok dari Bali

Lebih lanjut, menurut Najmul, pariwisata menjadi salah satu faktor utama perhatian pemerintah daerah, di samping sektor-sektor yang lain.

Sebab, sektor pariwisata menjadi penggerak serta pengungkit sektor ekonomi lainnya, seperti pertanian, peternakan serta usaha mikro kecil dan menengah.

"Kawasan wisata tiga gili menjadi perhatian serius karena segala yang dilakukan saat ini sebagai entri poin kita masuk ke tiga gili," kata Najmul yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.