Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditutup, Pendakian Gunung Gede Pangrango Buka Lagi

Kompas.com - 11/12/2020, 14:21 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango kembali dibuka mulai Sabtu, 12 Desember 2020. Sebelumnya pendakian sempat ditutup akibat cuaca buruk pada Rabu (9/12/2020).

Humas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Poppy Oktadiyani mengatakan pembukaan kembali pendakian ini berdasarkan prakiraan cuaca di sekitar Cipanas dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Iya betul (dibuka lagi), mulai besok untuk hari ini masih tutup. Dibuka karena info prakiraan dari BMKG,” kata Poppy lewat pesan singkat pada Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Prakiraan cuaca dari BMKG

Dalam surat edaran dari BMKG yang diterima Kompas.com, prakiraan cuaca di wilayah Cipanas untuk tanggal 9-11 Desember 2020 disebut berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang.

Baca juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Tutup Lagi, Kenapa?

Itu jadi salah satu alasan penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango sejak Rabu (9/12/2020). Namun untuk periode 12-14 Desember 2020, tertera prakiraan cuaca cukup membaik dari sebelumnya.

Untuk periode tersebut, cuaca diperkirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang. Sehingga pihak TNGGP memutuskan untuk kembali membuka jalur pendakian mulai Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, pihak TNGGP juga telah mengumumkan soal pembukaan kembali pendakian ini lewat akun Instagram mereka @tn_gedepangrango.

Baca juga: Kemenparekraf Sosialisasikan Protokol CHSE untuk Pendakian Gunung

Dalam unggahan tersebut tertulis bahwa booking online akan tetap dibuka. Namun jika terjadi cuaca ekstrem, maka booking online akan ditutup kembali.

TNGGP mengimbau pendaki untuk menunda pendakian sampai cuaca lebih baik atau menjadwalkan ulang pendakian ke tanggal yang lain.

Untuk informasi lebih lanjut, pendaki bisa memantau akun Instagram TNGGP @tn_gedepangrango atau menghubungi call center pendakian di nomor 0263 519415 (WhatsApp Chat Only).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com