Kompas.com - 12/12/2020, 11:10 WIB


KOMPAS.com – Berwisata ke suatu destinasi di luar negeri jelas tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan khas daerah tersebut.

Bosnia dan Herzegovina, salah satu negara di Semenanjung Balkan juga memiliki kekayaan kuliner yang sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berlibur ke sana.

Dalam sesi Travel Virtual Tour dari Kompas.com bersama Avia Tour ke Bosnia dan Herzegovina, pemandu wisata bernama Retno mengajak para peserta berkeliling area Bascarsija di Sarajevo, ibu kota negara itu.

Di sana, banyak sekali toko dan restoran yang menjual aneka hidangan khas Bosnia dan Herzegovina. Banyak dipengaruhi budaya Ottoman Turki, berikut ini beberapa hidangan khas Bosnia dan Herzegovina yang sempat ditunjukkan oleh Retno dalam virtual tour itu.

Baca juga: Liburan ke Sarajevo, Oleh-oleh Apa Saja yang Wajib Dibawa?

Sekarang mungkin kamu belum bisa berkunjung langsung ke sana karena pembatasan perjalanan wisata yang masih diberlakukan oleh negara tersebut. Namun tak ada salahnya untuk menyimpan dahulu rekomendasi berikut untuk liburan selanjutnya.

1. Cevapi

Cevapi terbuat dari potongan daging sapi atau kambing yang dicincang lalu dipanggang. Daging ini kemudian disajikan bersama roti pita. Kemudian diberi tambahan berupa bawang bombay, krim asam, keju feta, kaymak, dan ajvar.

Menurut Retno, cevapi sangat mirip sajian kebab khas Turki. Itu karena hidangan ini sangat dipengaruhi budaya Ottoman saat berkuasa di Bosnia dan Herzegovina.

Baca juga: Seperti di Garut, Bosnia Juga Punya Bukit Piramida Raksasa

“Kalau ada kata ‘Cevabdzinica’ di restoran, itu berarti mereka menjual cevapi atau kebab. Dia dagingnya fresh sekali,” kata Retno dalam virtual tour, Sabtu (5/12/2020).

2. Burek

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.