Seru! Kini Wisatawan Bisa Naik Perahu di Situ Rawa Besar Depok

Kompas.com - 13/12/2020, 09:03 WIB
Situ Rawa Besar Lio, Pancoran Mas, Depok, Jumat (22/3/2019). KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVASitu Rawa Besar Lio, Pancoran Mas, Depok, Jumat (22/3/2019).

KOMPAS.com – Dalam kunjungannya ke Kota Depok beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi perahu wisata untuk salah satu tempat wisata di sana yakni Situ Rawa Besar.

“Perahu wisata ada baru-baru ini, bantuan dari provinsi. (Diberikan) satu perahu saja untuk keliling danau,” kata seorang perwakilan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok bernama Tati kepada Kompas.com, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Kisah Sukses Kue Keranjang Hoki di Depok yang Dirintis Sejak 1988

Dia melanjutkan, fasilitas wisata di danau seluas lebih kurang 13 hektar yang diberikan kepada RW 13 tersebut nantinya akan berbayar, meski wisatawan dapat berkunjung ke Situ Rawa Besar secara gratis.

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan berapa biaya yang akan dikenakan lantaran Ketua RW 13 belum memberi informasi terkait hal tersebut kepada pihaknya.

Tidak dikelola Pokdarwis

Saat ini, menurut Tati, lokasi Situ Rawa Besar yang berada di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas ini masih belum memiliki Pokdarwis atau kelompok sadar wisata.

Alhasil, Situ Rawa Besar pun masih dikelola Disporyata Kota Depok. Sementara perahu wisata dikelola warga RW 13.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan hibah perahu untuk dioperasikan di Setu Rawa Besar, Pancoran Mas, Depok, Rabu (2/12/2020).Istimewa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan hibah perahu untuk dioperasikan di Setu Rawa Besar, Pancoran Mas, Depok, Rabu (2/12/2020).

Jika warga setempat membentuk Pokdarwis, Tati mengatakan bahwa tempat wisata tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut oleh Pokdarwis yang bekerja sama dengan Disporyata Kota Depok.

Meski begitu, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Situ Rawa Besar, pihak Disporyata Depok sudah merapihkan tempat wisata tersebut.

“Kami sudah rapihkan jogging trek, spot foto, dan gapura untuk menunjukkan kalau Situ Rawa Besar itu obyek wisata,” tuturnya.

Baca juga: 5 Pilihan Kuliner di Depok Jawa Barat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X