Kompas.com - 13/12/2020, 10:10 WIB
Puncak Widosari di Kulon Progo, Yogyakarta KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPuncak Widosari di Kulon Progo, Yogyakarta

KOMPAS.comPerbukitan Menoreh yang ada di sisi barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ternyata memiliki banyak tempat wisata.

Salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Perbukitan Menoreh tersebut adalah Puncak Widosari.

Puncak Widosari berlokasi di Desa Tritis, Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Dari Kota Wates, jarak tempuhnya sekitar 48 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Jarak akan lebih dekat jika dari Kota Yogyakarta, yakni hanya sekitar 36 km dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam 15 menit.

Keindahan di ketinggian 900 mdpl

Perbukitan Menoreh yang membatasi Provinsi DIY dengan Purworejo di Jawa Tengah memiliki banyak puncak.

Puncak Widosari salah satunya yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Karena berada di ketinggian, Puncak Widosari menawarkan keindahan panorama ke segala arah di tengah hamparan hijau Perbukitan Menoreh.

Pemandangan dari Puncak Widosari Kulon ProgoKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan dari Puncak Widosari Kulon Progo

Pemandangan paling terbuka da sisi barat karena tidak terhalang oleh perbukitan. Di sana, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam jika cuaca cerah.

Namun, datang pagi hari pun juga tak salah. Saat pagi hari kabut tipis akan melayang di punggungan Perbukitan Menoreh, sehingga menambah syahdu suasana.

Baca juga: Panduan Lengkap ke Pronosutan View, Sawah Instagramable di Yogyakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X