Kompas.com - 13/12/2020, 19:07 WIB
Salah satu wahana di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINSalah satu wahana di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang dikelola pemerintah kabupaten (Pemkab) resmi dibuka kembali pada Minggu (13/12/2020).

“Sudah pada dibuka hari ini. Sebetulnya sudah buka lama secara bertahap, tapi kemarin kita sempat lonjakan tinggi kasus Covid-19, sehingga Bupati ambil kebijakan,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Mencicipi Tahu Kupat Khas Banyumas, Enaknya...

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar tempat wisata yang dikelola Pemkab Banyumas yang sudah dibuka kembali yang telah Kompas.com rangkum:

  • Lokawisata Baturraden
  • Bale Kemambang
  • Taman Rekreasi Andhang Pangrenan
  • Monuman Panglima Besar Jenderal Soedirman
  • Museum Wayang
  • Pemandian Kali Bacin

Asis menegaskan bahwa penutupan kembali tempat wisata bukan karena ada klaster wisatawan. Sebab, menurutnya protokol kesehatan yang diterapkan sudah semaksimal mungkin.

“Pertimbangannya, kayak hajatan dilarang tapi tempat wisata diperbolehkan. Sehingga biar tidak ada rasa iri, tempat wisata ditutup untuk pengendalian selama 14 hari kemarin,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wisatawan dibatasi per kunjungan

Untuk Lokawisata Baturraden, Asis menuturkan bahwa pihaknya membatasi wisatawan menjadi maksimal 1.000 orang per kunjungan.

“Umpamanya jam 9 sudah 1.000 wisatawan, itu ditutup. Nanti jam 10 sudah keluar, kurang dari seribu (dibuka lagi). Bukan maksimal seribu wisatawan per hari,” ujar dia.

Sementara itu, untuk tempat wisata lain yang dikelola Pemkab Banyumas, kapasitas wisatawan per kunjungan masing-masing ditentukan sesuai luas area tempat wisata.

Obyek Wisata Pancuran Pitu di Baturraden.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Obyek Wisata Pancuran Pitu di Baturraden.

Meski tempat wisata yang dikelola Pemkab Banyumas sempat ditutup kembali, Asis mengutarakan bahwa tempat wisata yang tidak dikelola mereka tetap buka selama Banyumas masuk zona merah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.