Kompas.com - 13/12/2020, 20:31 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah akhirnya memasuki zona oranye setelah sempat turun ke zona merah akibat kasus Covid-19 yang meningkat.

Guna mempertahankan serta meningkatkan status keamanan Covid-19, salah satu destinasi wisata di Indonesia tersebut belum mengizinkan pagelaran acara perayaan Tahun Baru di tempat wisata.

“Perayaan di tempat wisata yang menimbulkan kerumunan belum boleh. Walau orang datang dan jaga jarak, tapi kalau ada (acara seperi) pentas musik belum boleh,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Ini 5 Oleh-oleh Khas Banyumas yang Bisa Dibeli

Selain itu, acara perayaan, seperti pentas kembang api pun belum diizinkan karena akan menarik perhatian wisatawan dan menyebabkan kerumunan.

Sebagai contoh, Asis menceritakan soal pentas kembang api tahunan yang digelar di alun-alun yang kerap dikunjungi oleh ribuan orang.

Pintu masuk Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.- Pintu masuk Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kendati acara perayaan Tahun Baru di tempat wisata belum diizinkan, dia menegaskan, larangan pengadaan acara secara umum di Kabupaten Banyumas bukan ranah Dinporabudpar, sehingga untuk informasi terkini dia tidak bisa berpendapat.

Baca juga: Ini Sudah Tradisi di Banyumas, Buka Puasa Menyantap Keong

“(Tapi) namanya perayaan, saya kira tidak dilarang. Tapi protokol kesehatan jalan. Ada jaga jarak, pakai masker. Kalau perayaan di tempat wisata pokoknya yang ada kerumunan belum boleh,” jelasnya.

Sebelumnya, mengutip Kompas.com, Rabu (2/12/2020), Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengimbau masyarakat tidak menggelar perayaan Natal dan Tahun Baru yang melibatkan banyak orang dan menimbulkan kerumunan.

“Natal dan tahun baru imbauan tidak ada kerumunan. Tapi saya tidak tahu nanti setelah tanggal 10 Desember sudah aman lagi, mungkin diizinkan,” katanya di Pendapa Sipanji Purwokerto, Banyumas, Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.