Rencana Jalan Malioboro Dibuka Saat Tahun Baru untuk Cegah Kerumunan

Kompas.com - 14/12/2020, 16:04 WIB
Pengunjung Malioboro wajib diminta untuk memindai barcode yang terpasang di beberapa titik. KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAPengunjung Malioboro wajib diminta untuk memindai barcode yang terpasang di beberapa titik.

KOMPAS.com – Ruas Jalan Malioboro rencananya tidak akan ditutup bagi kendaraan saat perayaan Natal dan tahun baru.

“Bakal diatur lebih lanjut, dibahas oleh Dishub, baik itu provinsi maupun kota, Satpol PP, dan kepolisian,” kata Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharjo kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Dilarang Merokok Sembarangan di Malioboro, Dendanya Rp 7,5 Juta

Dia melanjutkan, sejauh ini ruas tersebut ditutup untuk kendaraan bermotor saat perayaan Natal dan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kendati demikian, terkait kebijakan terbaru soal dibukanya akses tersebut tengah dibicarakan lebih lanjut.

Acara tahun baru di Malioboro

Terkait sejumlah acara yang kerap dilakukan di sepanjang ruas jalur ikonik tersebut selama perayaan Natal dan tahun baru, Singgih menuturkan bahwa tahun ini wisatawan tidak dapat menikmatinya.

“Nanti Malioboro tidak akan ada acara apa pun untuk mencegah kerumunan,” ungkapnya.

Singgih melanjutkan, Malioboro merupakan lokasi yang paling diminati wisatawan untuk merayakan Natal dan pergantian tahun.

Kantor Pos Besar Yogyakarta yang berada di kawasan titik nol kilometer.https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ Kantor Pos Besar Yogyakarta yang berada di kawasan titik nol kilometer.

Mulai dari area tugu hingga setiap sudut di Titik Nol Kilometer, pengunjung yang sedang liburan di Yogyakarta kerap memenuhi area-area tersebut sambil menggelar tikar dan menikmati suasana yang ditawarkan Malioboro.

Kendati demikian, Malioboro bukanlah satu-satunya area yang disukai oleh wisatawan yang hendak merayakan Natal dan tahun baru di Yogyakarta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X