Jangan Ketinggalan, 45 Acara Pariwisata Menarik di Sumbar pada 2021

Kompas.com - 14/12/2020, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak alasan untuk liburan ke Sumatera Barat (Sumbar), mulai dari tempat wisata ciamik dan acara menarik.

Khusus untuk acara, Sumbar sudah menyiapkan 45 agenda pariwisata beragam pada 2021. Agenda tersebut siak menyemarakkan wisata Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar Novrial mengungkapkan ada sejumlah pertimbangan terkait pelaksanaan agenda pariwisata pada 2021.

Baca juga: Tour de Singkarak akan Digelar Lagi Tahun 2021?

Salah satu yang jadi alasan adalah motif wisatawan ke Sumbar. Ada tiga motif terartas yang muncul dari hasil kajian Pemprov Sumbar, yakni budaya, kuliner dan destinasi. 

Adapun budaya menempati urutan pertama motif wisatawan datang ke Sumbar. Oleh karena itu, agenda pariwisata tahun depan akan didominasi tema budaya.

"Kalau kuliner dan destinasi kan bisa on the spot, sedangkan budaya harus ada event-nya. Jadi kami siapkan sebagian besar event bertema budaya. Event selain budaya enggak banyak," katanya.

Baca juga: Apa Itu Pacu Jawi? Balapan Sapi Khas Minang yang Dijajal Gordon Ramsay

Novrial menambahkan, ada tiga agenda pariwisata yang jadi andalan untuk tahun 2021. Ketiganya yakni Tour de Singkarak, Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival dan Festival Pesona Minangkabau.

Menurutnya, tiga acara memiliki dampak besar bagi pariwisata Sumbar. Pasalnya, agenda digelar dalam jangka waktu lama dan memboyong banyak wisatawan.

"Tiga agenda itu juga sudah masuk CoE (Calender of Event) Wonderful Indonesia yang sudah terverifikasi oleh Kementerian Pariwisata," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.