Benarkah Bali Akan Sambut Turis Asing Sebelum Natal Tahun 2020?

Kompas.com - 14/12/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi Bali - Pemandangan Pantai Keramas di Gianyar, Bali. SHUTTERSTOCK / Leo_nikIlustrasi Bali - Pemandangan Pantai Keramas di Gianyar, Bali.

KOMPAS.com – Director United Nations World Tourism Organization ( UNWTO) Asia Pacific, Harry Hwang, mengatakan bahwa Bali siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) sebelum Natal 2020.

Namun, benarkah Bali akan menyambut wisman pada momen tersebut?

“Ini semua tidak benar. Rencana wisman pertengahan Januari 2021,” kata Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Bali, I Made Rentin, kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Itinerary Seharian di Tejakula Bali, Bisa ke Mana Saja?

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa mengatakan bahwa keputusan untuk menyambut kembali wisman bergantung pada keputusan pemerintah pusat, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Adapun pemerintah pusat nantinya juga akan berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Kalau kebijakan wisman bukan ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. (Kemungkinan Bali akan dibuka) kalau Covid-19 sudah melandai,” ungkapnya kepada Kompas.com, Senin.

Hingga saat ini, wisman masih belum dapat liburan ke Bali berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Bangli Bali, Ada Bukit Mende yang Eksotis

Melalui Permenkumham tersebut, hanya warga negara asing (WNA) yang melakukan perjalanan bisnis yang diizinkan memasuki wilayah Indonesia.

Kendati demikian, penerbangan internasional sesuai aturan dalam Permenkumham rencananya dibuka meski belum diketahui tanggal pastinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X