Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Pakai Camper Van, Alternatif Wisata Saat Pandemi

Kompas.com - 15/12/2020, 14:21 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Liburan dengan menggunakan camper van akhir-akhir ini jadi tren baru di masa pandemi.

Banyak jasa tour dan travel yang menawarkan paket camper van sebagai pilihan berlibur dengan cara yang aman. Pasalnya, camper van hanya bisa menampung beberapa orang saja.

Setiap kelompok pun biasanya terdiri dari satu keluarga kecil, sehingga cenderung dirasa lebih aman karena tidak ada interaksi dengan orang asing di luar kelompok.

Salah satu jasa tour dan travel yang menyediakan paket wisata dengan camper van ini adalah Gila Nusantara.

Baca juga: Mau Roadtrip? Cek Dulu Jenis-jenis Camper Trailer Ini

“Kita ini bisa dibilang off sudah 10 bulan, jadi kita inovasi. Apa nih yang kira-kira aman untuk peserta, untuk tamu-tamu kita supaya tetap bisa jalan-jalan dengan aman,” kata Co-Founder Gila Nusantara bernama Abay ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Gila Nusantara mulai menawarkan paket tersebut sejak September 2020 lalu, bekerja sama dengan berbagai vendor transportasi yang tersebar di beberapa kota besar yang populer jadi destinasi wisata.

Paket yang ditawarkan

 

Camper van dengan tenda di sebelah mobil untuk camper van dari Gila NusantaraDok. Gila Nusantara Camper van dengan tenda di sebelah mobil untuk camper van dari Gila Nusantara

Paket camper van dari Gila Nusantara mencakup beberapa destinasi populer. Mulai dari Sentul, Cibodas, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Malang.

Pihak Gila Nusantara akan menawarkan itinerary untuk destinasi-destinasi tersebut. Tamu kemudian tinggal memilih destinasi dan paket yang diinginkan.

Nantinya pihak Gila Nusantara akan menyediakan satu mobil rental lengkap dengan kru yang bertugas sebagai supir, guide, sekaligus yang mempersiapkan segala keperluan ketika berkemah.

Kru akan menjemput tamu langsung di rumah mereka, lalu berangkat menuju destinasi tujuan. Setelah liburan berakhir, tamu akan kembali diantarkan kembali langsung ke rumah.

“Pokoknya tamu tahu kita jemput di rumahnya. Sudah tahu beres. Karena kebanyakan prediksi kita orang yang bepergian saat ini kan orang yang punya rezeki lebih. Biasanya enggak mau repot ya. Ya sudah kita fasilitasi semuanya,” tutur Abay.

Baca juga: Wisata ke Watu Mabur Camp Yogyakarta, Bisa Camping di Atas Awan

Satu paket liburan yang disediakan Gila Nusantara biasanya sudah termasuk sewa mobil, bensin mobil, driver, makan, simple barbekyu, tiket camp ground, perlengkapan camping, api unggun, tiket wisata, serta camilan.

Selain Gila Nusantara, ada pula jasa tour dan travel Go Escape yang juga menyediakan paket serupa. Bedanya, Go Escape menyediakan paket camper SUV menggunakan mobil jenis trooper 4x4 yang bisa dibawa melintasi jalur light off road.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com