Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Pakai Camper Van, Bisa ke Mana Saja?

Kompas.com - 15/12/2020, 18:10 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Liburan dengan menggunakan mobil berjenis camper van atau camper SUV akhir-akhir ini semakin banyak ditawarkan oleh penyedia jasa perjalanan.

Pasalnya, dengan keadaan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, liburan menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta, atau pesawat dianggap masih rawan. Apalagi jika tempat yang dituju berpotensi memunculkan kerumunan.

Hal itu yang kemudian dilihat oleh jasa tour dan travel Gila Nusantara dan Go Escape sebagai peluang di masa pandemi.

Gila Nusantara, penyedia jasa perjalanan berbasis di Jakarta salah satunya menawarkan paket trip dengan camper van ke beberapa destinasi. Seperti ke Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, hingga Bali.

Sementara Go Escape menawarkan paket camper SUV dengan konsep overland. Overland pada dasarnya memungkinkan tamu untuk singgah ke beberapa tempat sekaligus dalam perjalanan menuju tempat tujuan akhir.

Baca juga: Ide Liburan Akhir Tahun, Bisa Roadtrip ke Jabar dan Lampung

Kedua penyedia jasa perjalanan tersebut menawarkan paket lengkap sudah termasuk guide, fasilitas mobil, bensin, tarif tol, perlengkapan kemah, dokumentasi, tiket wisata, tiket camping ground, hingga makan.

Selain fasilitas tersebut, mereka juga telah mendesain itinerary dasar yang bisa diambil oleh tamu. Namun karena trip sejenis ini bersifat privat, artinya tak ada orang lain yang bergabung dalam liburan tamu alhasil mengurangi risiko bertemu orang asing.

Jika tak ingin mengikuti itinerary, tamu juga bisa menentukan sendiri destinasi yang ingin dikunjungi. Baik Gila Nusantara maupun Go Escape menawarkan fasilitas custom trip untuk paket camper van dan camper SUV ini.

Sebagai inspirasi, berikut ini beberapa rute camper van dan camper SUV yang biasa dilayani oleh Gila Nusantara dan Go Escape. Siapa tahu bisa jadi inspirasimu untuk liburan nanti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com