Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Liburan Pakai Camper Van

Kompas.com - 16/12/2020, 09:34 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Alternatif liburan di masa pandemi semakin beragam. Salah satu yang sedang naik daun adalah liburan menggunakan camper van.

Liburan dengan camper van dianggap lebih aman karena mengurangi risiko bertemu orang asing seperti jika menggunakan transportasi umum. Selain itu, harganya pun dianggap cukup terjangkau, apalagi untuk liburan bersama keluarga.

Kompas.com telah merangkum panduan lengkap liburan pakai camper van. Mulai dari rute yang bisa dipilih, biaya yang perlu disiapkan, hingga tips bagi pemula.

Rute camper van

Dewasa ini, banyak jasa tour dan travel yang sudah menyediakan paket trip dengan camper van. Mereka menyediakan beberapa jenis paket dengan rute yang berbeda.

Beberapa rute yang populer dipilih oleh para wisatawan adalah rute trip ke Pangalengan, tepatnya camping ground di Ranca Upas atau Datar Pinus di dekat Situ Cileunca.

Selain langsung ke Ranca Upas dan Datar Pinus, ada pula trip custom di mana wisatawan bisa mendesain sendiri rute yang diinginkan.

Baca juga: Liburan Pakai Camper Van, Alternatif Wisata Saat Pandemi

Wisata dengan camper van bersama keluargaDok. Gila Nusantara Wisata dengan camper van bersama keluarga

Ada pula trip overland, di mana peserta bisa berhenti di beberapa tempat sekaligus sebelum sampai di tempat tujuan akhir. Seperti mampir ke Curug Jagapati, Pantai Sayang Heulang, Kawah Wayang, Situ Cileunca, Gunung Patuha, Kawah Putih, dan Geopark Ciletuh.

Jika tak ingin ke arah Bandung, ada pula rute trip ke Bogor yakni ke Sentul dan Cibodas. Atau ada juga yang ke Yogyakarta, seperti ke Waduk Sermo, Watu Tapak, Parangtritis, dan masih banyak lagi.

Biaya camper van

Sementara untuk biaya, jika kamu menggunakan jasa tour dan travel biasanya mereka sudah menyediakan price list yang berbeda sesuai dengan rute serta durasi liburanmu.

Sebagai contoh, penyedia jasa tour dan travel Gila Nusantara serta Go Escape yang menyediakan trip sejenis mematok harga sekitar Rp 1,7 juta – Rp 4,8 juta per mobil.

Untuk tur overland sekitar tujuh hari, biasanya harga yang dipasarkan oleh Go Escape mulai dari Rp 3 juta per orang. Harga tersebut tentu saja bisa berubah, lebih mahal atau lebih murah sesuai permintaan peserta dan juga jenis mobil yang digunakan.

Biaya tersebut sudah termasuk semua fasilitas. Seperti biaya sewa camper van, bensin, supir dan guide, retribusi tol, tiket camping ground, tempat wisata, makan, barbekyu, api unggun, alat kemah, hingga dokumentasi.

Di luar biaya paket tersebut, peserta hanya perlu mengeluarkan biaya keperluan pribadi. Misalnya, biaya untuk membeli oleh-oleh atau jajan camilan di luar yang sudah disediakan pihak tur dan travel.

Baca juga: Banyak Keluhan, Aturan Wajib Pakai Guide di Zona 1 Candi Borobudur Ditiadakan

Bentuk modifikasi pada camper van Gila NusantaraDok. Gila Nusantara Bentuk modifikasi pada camper van Gila Nusantara

Tips camper van

Beberapa hal perlu diperhatikan bagi kamu khususnya para pemula yang baru mau mencoba liburan dengan camper van. Pertama, adalah sebaiknya menggunakan jasa tour dan travel.

Salah satu alasannya tentu saja agar tidak ribet. Kamu hanya perlu membayar biaya paket trip, dan segalanya akan diurus oleh pihak tour dan travel. Termasuk juga fasilitas supir dan guide, jadi tak perlu takut tersesat atau kesulitan menyetir mobil besar tersebut.

Tips lainnya adalah membawa obat-obatan pribadi, barang-barang pribadi yang esensial, membawa jaket tebal, pakaian sesuai destinasi, barang seperlunya, membawa camilan, dan mempersiapkan hiburan untuk di mobil.

Selain itu, perlu juga untuk mempertimbangkan tempat yang akan dituju, menyesuaikan dan merencanakan bujet yang diperlukan, dan juga mempersiapkan itinerary sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca juga: Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Liburan Pakai Camper Van?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com