Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivitas Seru di Ledok Sambi Yogyakarta, Piknik di Pinggir Sungai

Kompas.com - 16/12/2020, 14:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comLedok Sambi merupakan tempat wisata yang berlokasi lembah bersungai dalam Desa Wisata Sambi, Yogyakarta yang menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk wisatawan.

Selain itu, pemandangan yang asri pun dapat membuat pengunjung melepas penat sambil bermain di pinggir sungai dan menikmati hidangan yang disediakan.

“Kami buka warung berkonsep piknik. Makanan tidak bawa sendiri, tapi beli di warung kami. Memang targetnya adalah keluarga karena kebanyakan yang suka main di sungai anak-anak,” kata Manajemen Ledok Sambi kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Negeri di Atas Awan di Yogyakarta

Untuk mengetahui lebih lanjut kegiatan apa saja yang dapat dilakukan selama berada di Ledok Sambi, berikut telah Kompas.com rangkum, Selasa (15/12/2020):

Perlu dicatat bahwa selama liburan di tengah pandemi Covid-19, wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak antara satu sama lain.

Apabila suhu berada di atas 37,3 derajat celcius atau sedang tidak enak badan, ada baiknya kamu tidak bepergian dan beristirahat di rumah saja.

1. Piknik di pinggir sungai

Salah satu kegiatan yang digemari oleh pengunjung Ledok Sambi adalah piknik di pinggir sungai sambil bermain air.

Namun, wisatawan tidak diperkenankan membawa perbekalan sendiri karena tempat wisata tersebut menawarkan sejumlah hidangan yang bisa dibeli dengan harga murah.

Beberapa di antaranya adalah kentang goreng, lima tempe mendoan, pisang goreng, nasi sayur, nasi ayam goreng laos, dan mi goreng/rebus.

Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.dok. Instagram @ledoksambi Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.

Sementara untuk minuman yang tersedia beberapa di antaranya adalah robusta/arabika kopi ledok, kopi merapi, kopi vietnam drip, robusta kopi susu ledok, dan cokelat ledok.

Harga makanan berada pada kisaran Rp 4.000 – Rp 18.000. Sementara harga minuman adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000.

“Kami sediakan tikar. Tinggal pilih tempat yang enak, dan jaga jara selama pandemi. Bisa duduk di mana saja,” kata perwakilan tempat wisata tersebut.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Negeri di Atas Awan di Yogyakarta

Selain lesehan di tikar sambil memanfaatkan meja kecil sebagai tatakan makanan, wisatawan juga bisa duduk di gazebo tenda atau meja dan kursi di seberang area gazebo tenda.

Sebelum pandemi, Ledok Sambi menawarkan paket berkemah yang memiliki banyak peminat. Namun selama pandemi minat wisatawan berkurang sehingga banyak tenda terbengkalai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com