Kompas.com - 17/12/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi Thailand - Candi Wat Phra Kaew di Bangkok. SHUTTERSTOCKIlustrasi Thailand - Candi Wat Phra Kaew di Bangkok.

KOMPAS.com – Pemerintah Thailand kini mengizinkan wisatawan dari seluruh dunia yang hendak liburan jangka panjang mengajukan Special Tourist Visa (STV) atau visa turis khusus.

Melansir TATnews.org, Senin (14/12/2020), sebelumnya pengajuan STV Thailand hanya berlaku untuk wisatawan di negara-negara yang dianggap memiliki risiko Covid-19 yang medium atau rendah.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Tourist Visa untuk Wisatawan Indonesia ke Thailand

Melalui Royal Thai Government Gazzette, Rabu (9/12/2020), kebijakan yang langsung berlaku tersebut memungkinkan seluruh tipe wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Mula dari wisatawan, pelancong bisnis, investor, hingga para pendatang yang menggunakan kapal pesiar asing beserta kru kapal pun kini bisa memasuki Thailand.

Untuk memenuhi syarat pengajuan STV Thailand, wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan di sana. Salah satunya adalah karantina 14 hari pada saat kedatangan.

Baca juga: Bisakah Indonesia Terapkan Special Tourist Visa seperti Thailand?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga harus memiliki bukti akomodasi atau tempat tinggal jangka panjang seperti pemesanan hotel, kontrak rental, atau bukti kepemilikan kondominium.

Selanjutnya, calon wisatawan harus memiliki asuransi kesehatan dan perjalanan yang diperlukan, serta sertifikat kesehatan Fit To Fly yang valid.

Ilustrasi Thailand - Taman Nasional Khao Sok.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Thailand - Taman Nasional Khao Sok.

Bagi yang tiba menggunakan kapal pesiar asing, mereka harus memberikan bukti pembayaran di muka dan harus benar-benar mengikuti aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh Departemen Kelautan.

Para pemegang STV Thailand diizinkan untuk liburan di sana selama 90 hari. Namun, masa tinggal bisa diperpanjang dua kali dengan masing-masing masa perpanjangan 90 hari dan tersedia hingga 30 September 2021.

Baca juga: Unik, Penjara di Thailand Diubah Jadi Tempat Wisata

Biaya visa adalah 2.000 baht atau Rp 942.455 dengan biaya tambahan 2.000 baht setiap perpanjangan masa tinggal.

Saat mengajukan visa turis khusus, ada baiknya para pengaju bertanya dulu ke Kedutaan Besar (Kedubes) Thailand atau Konsulat Jenderal di negara asal mereka sebelum melakukan pemesanan.

Sebab, aplikasi untuk STV Thailand hanya dapat dilakukan di negara asal calon wisatawan di Kedubes Thailand atau Konsulat Jenderal.



Sumber tatnews
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X