Kompas.com - 18/12/2020, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Pesanan kamar hotel untuk Natal dan Tahun Baru 2021 di Medan terus meningkat, meski belum naik signifikan seperti periode sama pada 2019.

Public Relation Manager Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan, Herry Wahyudi, di Medan, Rabu (16/12/2020), mengatakan, khusus untuk Natal dan tahun baru pesanan kamar di Hotel Santika sudah berkisar 28 persen.

"Pesanan itu terus naik dan diprediksi menjelang hari H Natal dan tahun baru naik signifikan. Biasanya selalu begitu yakni pesanan mendekati hari H untuk hotel di dalam kota," ujar Herry, dilansir dari Antara.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Menurut dia, untuk Natal dan tahun baru, Santika tidak membuat acara khusus, kecuali makan malam bersama.

Alasan Herry karena Santika mempertimbangkan dan mematuhi protokol kesehatan di tengah masih ada pandemi Covid-19.

"Protokol kesehatan dilakukan ketat oleh manajemen termasuk dalam menghindari kerumunan," katanya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya, Pas untuk Liburan

Di luar untuk Natal dan tahun baru, hunian hotel Santika Medan juga semakin meningkat

Dari awal beroperasi kembali di Juni 2020 yang hanya sekitar 20 persen, saat ini hunian hotel sudah sekitar 50-60 persen atau rata-rata 55 persen.

Director of Sales and Marketing Hotel Aryaduta Medan, Rosnani, juga meyakini hunian hotel pada Natal dan tahun baru akan meningkat.

"Protokol kesehatan yang dijalankan perusahaan mulai berhasil menambah keyakinan calon tamu untuk menginap di hotel," katanya.

Baca juga: Kedai Kopi Apek di Medan, Tempat Ngopi Legendaris Sejak 1923

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny Sumut Wardhana, mengatakan, hunian hotel untuk Natal dan tahun baru akan lebih banyak di kawasan daerah tujuan wisata Berastagi dan Parapat dibandingkan di Medan.

"Apalagi saat ini ada pandemi Covid-19 yang membuat manajemen hotel tidak leluasa membuat acara," ujar Denny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.