Museum Musik Afrika-Amerika Dibuka Januari 2021, Lacak Sejarah hingga Tahun 1600-an

Kompas.com - 18/12/2020, 22:10 WIB
National Museum of African American Music nmaam.orgNational Museum of African American Music


KOMPAS.com – Para pecinta musik sebentar lagi akan bisa mengunjungi The National Museum of African American Music (NMAAM), alias Museum Nasional Musik Afrika-Amerika di Nashville, Amerika Serikat mulai Januari 2021.

Seperti dilansir dari Lonely Planet, musik Afrika-Amerika tidak hanya mengubah dunia. Mulai dari gospel hingga jazz, R&B sampai hip-hop, funk hingga rap, house ke techno, serta soul dan masih banyak lagi.

Musik Afrika-Amerika benar-benar berpengaruh di seluruh dunia, termasuk berpengaruh pada perkembangan genre dan budaya. Musik Afrika-Amerika jadi tulang punggung bagi skena musik dunia.

Baca juga: Wuhan Punya Museum Anti-Covid, Suguhi Perjalanan Pandemi Covid-19

Karena begitu penting, maka sangat wajar jika ada tempat khusus untuk menghormati musik serta musisi yang membentuknya menjadi seperti itu. Maka berdasarkan hal itulah National Museum of African American Music dimulai.

Museum ini sebenarnya sudah mulai direncanakan sejak 20 tahun lalu. Menurut NMAAM, mereka adalah satu-satunya museum yang berdedikasi hanya untuk pendidikan, pelestarian, dan perayaan pengaruh orang Afrika-Amerika pada musik.

Gallery Wade in the Water di National Museum of African American Music di Nashville, Amerika Serikatnmaam.org Gallery Wade in the Water di National Museum of African American Music di Nashville, Amerika Serikat

Mereka akan melacak kembali tradisi musik orang kulit hitam dari tahun 1600-an hingga sekarang.

Ada pula lebih dari 50 genre dan sub-genre yang direpresentasikan dalam enam galeri permanen, termasuk area teater berkapasitas 200 tempat duduk, serta galeri berotasi.

“Museum ini adalah tempat unik yang menceritakan kisah spesial. Harapan kami adalah berapa pun umurmu, rasmu, atau genre musik yang kamu sukai, di dalam museum ini kamu bisa menemukan sesuatu yang berpengaruh pada jiwamu, menyenangkan telingamu, dan menggerakkan kakimu,” kata Presiden dan CEO NMAAM H. Beecher Hicks III.

Baca juga: Penerbangan Bebas Karantina Italia-Amerika Serikat Segera Diluncurkan

Berlokasi di pusat kota Nashville yakni di 7th Avenue, museum ini bersiap untuk buka pada Januari 2021.

Upacara pemotongan pita dengan jaga jarak yang ketat dijadwalkan untuk dilakukan pada 18 Januari 2021. Dilanjutkan dengan tur khusus anggota yang dilakukan pada 23-24 Januari 2021.

Fasilitas ini akan buka untuk publik pada 30 Januari 2021 mendatang. Tiket bisa dibeli lebih dulu lewat situs resmi NMAAM dengan harga mulai dari 13.50 – 24.95 dolar Amerika atau sekitar Rp 191.000 – Rp 353.000.

Anak-anak di bawah enam tahun tidak perlu membayar tiket. Semua tiket akan dijual dengan sistem slot waktu, dan kebijakan jaga jarak akan terus berlaku.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X