Kompas.com - 19/12/2020, 10:09 WIB
Seorang penjual lukisan dan pembeli di Pasar Seni Sukawati, Bali. SHUTTERSTOCK / Sony HerdianaSeorang penjual lukisan dan pembeli di Pasar Seni Sukawati, Bali.

KOMPAS.com – Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Hariyadi Sukamdani mengatakan, pariwisata memiliki hubungan yang erat dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) jika ada peningkatan permintaan.

“Kalau terjadi peningkatan permintaan, otomatis ekonomi tumbuh di daerah wisata tersebut. Pariwisata itu sangat erat hubungannya dengan UMKM,” katanya.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam konferensi pers virtual Penandatanganan Nota Kesepahaman PHRI dan AirAsia, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: 5 Kafe Hits di Bangli Bali, Bisa Nikmati Pemandangan Gunung Batur

Untuk sektor perhotelan, jika tamu ramai, maka pihak hotel akan memanfaatkan UMKM untuk keperluan sehari-hari, seperti belanja sayur, sabun, sendal, atau keranjang untuk mecuci.

“Itu dari hotel. Belum lagi destinasi wisata, otomatis akan menggerakkan sektor kuliner dan pemandu wisata,” ujar Hariyadi.

Selain itu, pendapatan destinasi wisata pun akan terdampak dari meningkatnya permintaan wisatawan dalam industri pariwisata di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Industri penerbangan juga bantu UMKM

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menuturkan, industri penerbangan pun turut membantu pergerakan UMKM.

Menurut dia, penerbangan yang berhubungan erat dengan pariwisata dapat memaksimalkan nilai untuk semua pihak.

Tas wanita berbahan rotanSHUTTERSTOCK Tas wanita berbahan rotan

Terlebih, saat ini pihak Veranita memiliki fitur SNAP yang menjual bundling package untuk pembelian tiket pesawat dan kamar hotel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X