Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live on Board dan Berlayar di Perairan Jakarta, Alternatif Wisata Saat Pandemi

Kompas.com - 20/12/2020, 21:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Live on Board (LOB) yaitu sebuah konsep perjalanan di mana wisatawan bisa menginap serta beraktivitas air dari atas kapal. Kapal yang digunakan untuk LOB mayoritas menggunakan pinisi.

Di Indonesia, beberapa wilayah yang terkenal oleh paket LOB antara lain Taman Nasional Komodo (NTT) dan kawasan Raja Ampat di Papua Barat. Namun kini warga Jakarta bisa bisa menikmati LOB di perairan dekat ibu kota.

Benetta Live Aboard adalah nama operator tur yang menyediakan paket ini. Menggunakan phinisi, Anda akan diajak mengarungi lautan Jakarta mulai dari Kepulauan Seribu, Ujung Kulon, hingga perairan di sekitar Gunung Krakatau.

Baca juga: Pesona Gunung Krakatau Kalahkan Gunung-gunung Api Negara Lain

Pada kondisi normal dan sebelum pandemi, Benetta juga melayani perjalanan LOB ke sejumlah perairan eksotis di wilayah timur Indonesia. Namun kini, operator tur tersebut siap membawa para penyelam menikmati dunia bawah laut di Kepulauan Seribu.

Salah satunya adalah bangkai kapal kargo yang karam di perairan sekitar Pulau Pari. Badan kapal tersebut kini dipenuhi terumbu karang beraneka warna serta menjadi rumah bagi aneka fauna laut.

Selain bangkai kapal, beberapa titik di Kepulauan Seribu juga terkenal memiliki gugusan karang yang indah. Selain menyelam, Anda juga bisa menyaksikan keindahannya dengan snorkeling.

Baca juga: Letusan Krakatau dan Kisah di Balik Lukisan The Scream yang Tersohor

Selama pandemi, Benetta Live Aboard menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan. Kapasitas kapal terbatas untuk 8 orang, dengan 4 kabin terpisah untuk kamar tidur.

Terdapat satu kabin dengan king size bed, dan 3 kabin lainnya berisi tempat tidur bertingkat yang masing-masing memiliki kapasitas 2 orang.

Para kru kapal juga menerapkan protokol kesehatan secara konsisten, dengan tetap menggunakan masker menjaga jarak.

Jika memesan paket wisata ini, Anda akan berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain Kepulauan Seribu, Benetta juga melayani pelayaran dan diving di perairan Ujung Kulon serta sekitar Gunung Krakatau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com