Desa Wisata Puton DIY, Belajar Kesenian hingga Favorit Turis Asing

Kompas.com - 21/12/2020, 08:18 WIB
Desa Wisata Puton, Bantul, DIY TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad SyarifudinDesa Wisata Puton, Bantul, DIY

KOMPAS.com - Yogyakarta memiliki banyak desa wisata yang menarik, salah satunya adalah Desa Wisata Puton yang terletak di Dusun Puton, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Lokasi ini berjarak lebih kurang 15 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Desa wisata yang sudah dirintis lebih dari 10 tahun silam itu menawarkan banyak potensi unggulan.

Dilansir dari Tribun Jogja, beberapa wisata yang menarik, salah satunya adalah Watu Ngelak.

Ketua Pengelola Desa Wisata Puton Soraya Isvandiari mengatakan, konon Watu Ngelak merupakan tempat persinggahan Sultan Agung ketika mengarungi Sungai Opak dari Keraton Pleret menuju ke laut selatan.

"Di batu (Ngelak) ini Sultan Agung singgah. Beliau haus dan minum. Makanya, sampai sekarang disebut Watu Ngelak," terangnya.

Baca juga: Ledok Sambi Kaliurang, Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta

Selain itu, Desa Wisata Puton juga dikenal dengan Kampung Durian. Sebab, kata Soraya, hampir mayoritas penduduknya menanam pohon durian di pekarangan rumah dan bisa dinikmati langsung dari pohonnya.

Daya tarik lain dari desa wisata ini adalah adanya 20 kelompok kesenian. Adapun keseniannya, seperti gejog lesung, karawitan, pedalangan, macapatan, salawat, ketoprak, hingga musik keroncong.

Tempat favorit turis asing

Desa Wisata Puton sering menjadi rujukan wisatawan mancanegara. "Dari Korea, hampir rutin dua kali kunjungan setahun," tuturnya.

Wisman lain yang juga berkunjung berasal dari Suriname, Belanda, Jepang, hingga negara-negara Eropa timur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X