Kompas.com - 21/12/2020, 18:05 WIB
Petugas tengah bersiap memberi aba-aba untuk berjalan KA Bima di Stasiun Gambir, Jakarta. Dokumentasi PT KAI Daop 1 JakartaPetugas tengah bersiap memberi aba-aba untuk berjalan KA Bima di Stasiun Gambir, Jakarta.

KOMPAS.com – Pelanggan Kereta Api (KA) Jarak Jauh di Pulau Jawa wajib membawa hasil negatif tes rapid antigen mulai 22 Desember 2020 – 8 Januari 2021.

Bagi yang hendak melakukan perjalanan dalam waktu dekat, berdasarkan keterangan yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), Senin (21/12/2020), tes dapat dilakukan mulai hari ini seharga Rp 105.000.

Adapun, tahap awal layanan tersebut tersedia di sejumlah stasiun yakni sebagai berikut:

  1. Stasiun Gambir, Jakarta Pusat
  2. Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat
  3. Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung
  4. Stasiun Cirebon Prujakan, Kota Cirebon
  5. Stasiun Tegal, Kota Tegal
  6. Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang
  7. Stasiun Yogyakarta
  8. Stasiun Surabaya Gubeng
  9. Stasiun Surabaya Pasar Turi

Para pelanggan KA Jarak Jauh diimbau untuk melakukan tes rapid antigen sehari sebelum perjalanan guna menghindari keterlambatan jika dilakukan pada hari keberangkatan.

Pasalnya, proses pelayanan tes rapid antigen memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tes rapid antibodi.

Baca juga: Rapid Test Antigen untuk Naik Kereta, Penumpang Pilih Batalkan Perjalanan

“Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api,” kata EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, layanan tersebut merupakan alternatif dari KAI untuk memudahkan calon penumpang naik kereta api.

Selain di stasiun, para penumpang juga bisa menggunakan hasil tes rapid antigen dari rumah sakit atau klinik terpercaya.

"Kami juga mengingatkan kepada para pelanggan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan," tutup Dadan.

Baca juga: Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Rapid Test Antigen, Ini Kata Ahli Epidemiologi

Seluruh pelanggan wajib dalam keadaan sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, atau demam, serta memakai masker dan memiliki suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Selama perjalanan, pelanggan wajib menggunakan penutup wajah (face shield) dan diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang.

Untuk info selengkapnya terkait kebijakan KAI pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121 atau WhatsApp KAI121 di 0811 1211 1121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.