Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ibu, Yuk Main ke Museum Bale Indung Rahayu Purwakarta, Ada Apa?

Kompas.com - 22/12/2020, 11:22 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ibu merupakan sosok yang tidak mengenal lelah dalam membesarkan dan membina sang buah hati.

Saat si kecil tengah menghadapi masalah pun, sosok ibu selalu sigap menemaninya melewati rintangan tersebut meski mungkin dirinya memiliki kesibukan sendiri.

Bertepatan dengan Hari Ibu Nasional yang jatuh pada Selasa (22/12/2020), wisatawan yang sedang berada di Purwakarta, Jawa Barat bisa langsung berkunjung ke Museum Bale Indung Rahayu.

Baca juga: Libur Akhir Tahun Dipangkas, Contek Itinerary Roadtrip ke Bogor, Purwakarta, Bandung

Museum tersebut berlokasi di Jalan RE Martadinata Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Berbeda dengan museum pada umumnya, wisatawan tidak akan merasa bosan selama berada di sana karena bagian dalamnya sudah dilengkapi dengan teknologi terkini.

Sembari menyusuri lorong, pengunjung akan disuguhi lagu berjudul “Indung” yang menggambarkan kecintaan, kerja keras, dan bakti seorang ibu kepada keluarga dan anak-anaknya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, museum ini selain berupaya untuk menggambarkan falsafah ibu dalam budaya sunda, juga bentuk dari kasih sayang dirinya pada ibunda yang telah tiada. RENI SUSANTI/KOMPAS.com Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, museum ini selain berupaya untuk menggambarkan falsafah ibu dalam budaya sunda, juga bentuk dari kasih sayang dirinya pada ibunda yang telah tiada.

Perjalanan hidup manusia

Usai melewati lorong sambil mendengarkan lantunan lagu, wisatawan akan melihat cerita perjalanan seorang manusia dari usia 0-9 bulan.

Selama melihat cerita tersebut, audio akan memutar suara tangisan bayi yang baru lihat. Membawa ibu ke museum ini mungkin akan membawanya bernostalgia saat dirinya tengah mengandung, dan melahirkan sang buah hati.

Penyajiannya yang berada di lorong sempit seolah-olah menggambarkan pengunjung sebagai bayi dalam kandungan yang siap menghadapi dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com