Wishnutama Mau Istirahat, Sandiaga: Jangan Lama-lama

Kompas.com - 24/12/2020, 07:20 WIB
Wishnutama dan Sandiaga Uno saat serah terima jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rabu (23/12/2/2020). KemenparekrafWishnutama dan Sandiaga Uno saat serah terima jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rabu (23/12/2/2020).

KOMPAS.com – Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) resmi diserahkan oleh Wishnutama Kusubandio kepada Sandiaga Uno pada Rabu (23/12/2020).

Lantas usai menjabat menjadi Menparekraf periode 2019/2020, apa rencana dan kesibukan selanjutnya yang akan dilakukan oleh Wishnutama?

“Rencana ke depan saya mau istirahat dulu,” katanya dalam konferensi pers usai melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sandiaga Diberi Waktu 1 Tahun untuk Siapkan 5 Destinasi Superprioritas

Selain istirahat sejenak, Wishnutama melanjutkan bahwa saat ini hal yang ingin dia lakukan hanya berkumpul bersama keluarga.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga yang berdiri di sebelahnya memberi celetukan kalau Wishnutama tidak boleh lama-lama beristirahat.

“Beliau udah kekurusan ini. Turun tujuh kilo, jadi mudah-mudahan bisa gemukan dikit,” ujarnya sambil sedikit tertawa.

Kendati berbicara dengan nada bercanda, namun Sandiaga dengan serius berharap agar Wishnutama dapat berkarya lagi.

Kena reshuffle

Sebelumnya, Wishnutama merupakan salah satu menteri yang kena reshuffle kabinet akhir tahun yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020).

Meski baru menjabat selama kurang lebih satu tahun, namun dia sudah menginisiasi sejumlah kebijakan untuk industri pariwisata Indonesia.

Baca juga: Diganti Sandiaga Uno, Ini Kebijakan Wishnutama Saat Jadi Menparekraf

Salah satunya adalah dana hibah pariwisata senilai Rp 3,3 triliun yang termasuk dalam insentif untuk sektor pariwisata yang terdampak Covid-19.

Melalui dana hibah pariwisata tersebut, para pelaku usaha hotel, restoran, dan pemerintah daerah (pemda) masing-masing mendapat bantuan.

Ada juga kebijakan hotel yang dijadikan sebagai tempat tinggal sementara para tenaga medis dan Satgas Covid-19 di berbagai daerah.

Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa tinggal lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X