Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Banyuwangi Tidak Perlu Rapid Test Antigen, Tapi...

Kompas.com - 24/12/2020, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda atau yang akrab disapa Bram mengatakan bahwa di sana tidak ada pemeriksaan dan syarat wisatawan wajib membawa hasil negatif rapid test antigen.

Hal itu karena hampir seluruh transportasi umum yang menuju ke Banyuwangi sudah menerapkan ketentuan harus rapid atau swab.

"Maka otomatis yang ke sini relatif sudah sebagian besar penuhi imbauan pemerintah, meski Pemda Banyuwangi tidak ambil kebijakan itu,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Jadwal Bus Mila Rute Yogyakarta-Banyuwangi 2020

Adapun, saat ini terdapat aturan perjalanan dalam negeri yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020.

SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam SE tersebut, perjalanan dalam antar-pulau dan antar-provinsi/kabupaten/kota menggunakan transportasi udara dan kereta api wajib menggunakan rapid test antigen paling lama 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Wisatawan menggelar camping di wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI Wisatawan menggelar camping di wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19

Untuk perjalanan melalui jalur laut dengan pelayaran lokasi terbatas antar-pulau atau pelabuhan domestik dalam satu wilayah, wisatawan tidak diwajibkan menggunakan rapid test antigen.

Lalu, bagi yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat, baik itu pribadi atau umum, diimbau menggunakan rapid test antigen paling lama 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Pengisian e-HAC Indonesia pun wajib dilakukan bagi seluruh pelaku perjalanan melalui seluruh moda transportasi, kecuali kereta api. Seluruh syarat ini berlaku sejak Selasa (22/12/2020) hingga Jumat, 8 Januari 2021.

Baca juga: Jembatan Pantai Boom Banyuwangi, Disebut Dion Wiyoko Seperti di Helix Bridge Singapura

“Yang darat, seyogyanya sebelum berangkat ke Banyuwangi cek kesehatan masing-masing dengan swab atau rapid, meski Pemda Banyuwangi tidak terapkan aturan tersebut,” ujar Bram.

Kendati Pemda Banyuwangi tidak memiliki kebijakan tersebut, dia menuturkan bahwa seluruh jajaran di sana, termasuk Satgas Penanangan Covid-19 akan segera bertindak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Standar operasional prosedur terkait tindakan cepat yang berhubungan dengan protokol kesehatan yang berlaku bagi para pelaku pariwisata di sana pun sudah ada.

“Kami juga koordinasi dengan teman-teman di kesehatan,” imbuh Bram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com